Air Rebusan Kumis Kucing Ternyata Punya Manfaat Yang Luar Biasa Lho!

Senin, 14 September 2020 19:01
Air Rebusan Kumis Kucing Ternyata Punya Manfaat Yang Luar Biasa Lho!

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Orthosiphon aristatus atau lebih dikenal dengan nama Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia.

Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis yang kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Afrika.

Advertisement

Tanaman ini mempunyai banyak manfaat dalam menanggulangi berbagai penyakit. Kumis kucing mengandung kalium, Orthosiphon, Fosfat dan Oksalat.

Berikut beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang di rangkum oleh Bertuahpos.com dari berbagai  sumber :

Baca: Cara Segarkan Mata Lelah dengan Mudah

Menyembuhkan infeksi saluran kemih

Tanaman ini berguna dalam membersihkan traktat yang memudahkan sistem kerja kemih.

Mengobati gangguan ginjal

Di Pulau Jawa, kumis kucing sangat terkenal untuk mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

Sebagai anti bakteri

Kumis kucing mengandung beberapa senyawa yakni Fenol dan Asam Caffenic yang fungsinya dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan juga dapat menyembuhkan luka memar akibat infeksi.

Tekanan darah tinggi

Bahan kimia yang ada di dalam tanaman ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah karena kumis kucing memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Meringankan batuk

Daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.

Mengatasi rematik

Ekstrak tanaman ini juga dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian.

Mengontrol kadar gula darah

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kumis kucing secara efektif mengatur kadar gula glukosa dalam gula yang membantu mengendalikan diabetes secara efisien.

Namun, perlu diingat untuk berbagai pengobatan di atas alangkah baiknya anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak salah dalam menjalankan fungsi dari daun kumis kucing ini. (mg1)