Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Minggu, 14 Februari 2021 20:30
Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Penderita asam lambung harus selektif mengonsumsi buah, makanan, dan minuman bila tidak ingin kadar asam lambung naik. Ini 5 buah yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung.  

  1. Pisang

Melansir Everyday Health, pisang termasuk buah yang aman untuk penderita asam lambung. Pisang termasuk makanan yang bersifat basa. Dengan kata lain, makanan ini termasuk rendah asam.  Selain rendah asam, pisang juga mengandung sederet nutrisi seperti serat, vitamin B6, dan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Advertisement

Dilansir dari AARP, pisang dapat membantu mengatasi asam lambung naik dengan berbagai cara. Makanan ini dapat melapisi lapisan kerongkongan yang teriritasi akibat asam lambung yang naik dari lambung ke saluran pencernaan bagian atas. Tak hanya itu, kandungan serat pektin dalam pisang dapat membantu memperkuat sistem pencernaan. 

Jenis serat ini membantu kelancaran pencernaan, dengan begitu makanan tidak terlalu lama singgah di perut. Seperti diketahui, makanan yang terlalu lama singgah di perut dapat meningkatkan produksi asam lambung. 

Baca: Ini Cara Pemprov Riau Atasi Harga Sawit yang Anjlok

  1. Pepaya
BACA JUGA:  Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan

Melansir Medical News Today, pepaya termasuk jenis buah yang aman untuk penderita asam lambung karena memiliki kadar asam rendah. Kendati berkadar asam rendah, pepaya memiliki banyak air dan kaya dengan vitamin C. Satu buah pepaya berukuran sedang bisa mencukupi 224 persen kebutuhan vitamin C per hari. 

Selain vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A, E, K, folat, mineral magnesium, tembaga, antioksidan beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, kalsium, dan potasium. Vitamin dan mineral tersebut tak hanya berfaedah untuk penyakit asam lambung, namun juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  1. Melon

Seperti pisang, melon juga termasuk buah yang aman untuk penyakit asam lambung. Melon merupakan buah yang bersifat basa. Kadar keasaman melon atau pH-nya hanya sekitar 6,1. 

Selain itu, melon juga merupakan sumber magnesium yang baik. Seperti diketahui, sejumlah obat asam lambung jamak mengandung magnesium. 

  1. Apel merah
BACA JUGA:  Ingin Bahan Makanan Awet? Lakukan Tips Sederhana Ini

Dilansir dari Healthline, apel juga termasuk buah yang aman untuk asam lambung. Kandungan mineral kalsium, magnesium, dan kalium dipercaya bsia membantu meringankan gejala asam lambung. 

Selain mineral di atas, apel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan penyakit kronis. Hal yang perlu diingat, apel merah memiliki kadar asam yang lebih rendah ketimbang apel hijau. Sehingga, penderita gangguan asam lambung lebih disarankan makan apel merah daripada apel hijau. 

  1. Semangka

Melansir NDTV, semangka termasuk buah yang aman untuk penderita asam lambung. Buah ini dapat menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung karena kandungan airnya tinggi. Selain itu, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang baik untuk pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Penderita penyakit asam lambung perlu rajin berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan paling tepat. Selain mengonsumsi obat asam lambung, penyakit ini juga perlu dikendalikan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Antara lain dengan menghindari makanan berlemak tinggi, minuman berkafein, alkohol, dan rajin olahraga.

(bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 03 Maret 2021 14:31

Smartphone Ini Harganya Murah, Spesifikasi Tinggi

Motorola meluncurkan moto e7i terbaru. Harganya tergolong murah.

Rabu, 03 Maret 2021 13:30

Industri Jasa Konstruksi di Riau Diminta Bersaing Secara Sehat

Industri jasa konstruksi berperan menciptakan iklim ekonomi daerah yang baik.

Rabu, 03 Maret 2021 13:01

Muhammadiyah Minta Pemerintah Lebih Sensitif Nilai Agama dalam Mengambil Kebijakan

Muhammadiyah meminta pemerintah lebih sensitif dengan masalah ahklak, norma sosial, dan nilai-nilai agama

Rabu, 03 Maret 2021 12:30

Gelagat Golkar dan NasDem Berkoalisi, Ini Komentar PDIP

Gelagat koalisi sudah ditunjukkan oleh Partai Golkar dan NasDem sebagai langkah persiapan untuk menghadapi kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Rabu, 03 Maret 2021 12:01

Perhatikan Lagi, Ini Lima Level Kekhusu’an Shalat Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Dari takbir hingga salam, hanya mengkhayal, jadi tak ada pahala di shalatnya

Rabu, 03 Maret 2021 11:39

Penggunaan QRIS di Riau Tembus 118 Ribu Marchent

QRIS yang diinisiasi oleh Bank Indonesia sejauh ini sudah berjalan di semua perbankan.

Rabu, 03 Maret 2021 11:01

Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Alergi Kritik

Selama kritikan tersebut rasional

Rabu, 03 Maret 2021 10:47

Harga CPO Topang Kenaikan TBS Sawit di Riau Pekan Ini

Harga minyak dunia ikut menopang harga CPO hingga berimbas pada kenaikan harga TBS sawit di Riau.

Rabu, 03 Maret 2021 10:35

Muhammadiyah Apresiasi Pencabutan Lampiran Perpres Miras oleh Presiden Jokowi

Pencabutan ini adalah bukti bahwa pemerintah mendengarkan aspirasi masyarakat

Rabu, 03 Maret 2021 10:27

Butut Dugaan Pelecehan Selebgram, Karyawan Kopi Kenangan Dirumahkan

Kasus dugaan pelecehan karyawan Kopi Kenangan Terhadap seorang selebgram.