Pengakuan Mantan Penasehat Trum, ‘Citra AS di Mata Dunia Makin Buruk’

Kamis, 24 September 2020 09:30
Pengakuan Mantan Penasehat Trum, ‘Citra AS di Mata Dunia Makin Buruk’
Amerika Serikat.

BERTUAHPOS.COM — Citra Amerika Serikat di mata dunia semakin buruk. Begitu pengakuan seorang mantan penasehat Presiden Donald Trump, Fiona Hill. 

“AS semakin dilihat sebagai ‘objek belas kasihan’ dan posisinya di panggung dunia semakin terkikis,” ungkapnya.

Advertisement

Dia mengungkapkan, pandangan Dunia terhadap AS saat ini, tidak lain ulah dari pemerintah AS sendiri. Bukan negara lain, atau ‘musuh-musuh mereka’. “Kami melakukan ini untuk diri kami sendiri,” katanya, seperti dikutip dari CNN.

“Bahkan di mata para sekutu kami, karena mereka sangat terkejut dengan apa yang terjadi secara internal, bagaimana kami memakan diri sendiri hidup-hidup dengan perpecahan kami,” ucap Hill yang pernah menjadi saksi dalam sesi dengar pendapat pemakzulan Trump pada 2019.

Baca: Stan Lee ‘Kakek Tua’ di Film Marvel Meninggal Dunia

Pernyataan itu disampaikan Hill kepada pembawa acara Jim Sciutto dari CNN pada 22 September 2020. Ketika ditanya apakah AS masih dipandang sebagai panutan, Hill menjawab, “Tidak. Kecuali jika kita melakukan tindakan domestik bersama”.

Komentarnya muncul setelah lembaga penelitian Pew Research Center memaparkan hasil survei terbaru. Lembaga itu menemukan di antara 13 negara, selama setahun terakhir, reputasi AS menurun jauh di antara sekutu utamanya. Penyebabnya terkait dengan penanganan AS terhadap pandemi virus corona.

“Yang benar-benar mengikis posisi kami adalah apa yang orang lihat telah terjadi di sini, di Amerika Serikat,” ujar Hill. “Penanganan Covid-19 yang ceroboh, di atas hubungan ras, di atas polarisasi politik kami dan tontonan yang kami tunjukkan kepada dunia luar adalah pendorong yang sebenarnya atas semua ini,” terangnya. (bpc2)