Catatan Sejarah 25 Juli: Lahirnya Bayi Tabung Pertama di Dunia

Sabtu, 25 Juli 2020 05:30
Catatan Sejarah 25 Juli: Lahirnya Bayi Tabung Pertama di Dunia
Bayi tabung pertama di dunia, Louise Brown. (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pada 25 Juli 1977, dua orang ilmuwan bernama Patrick Steptoe dan Robert G Edwards berhasil mengembang fertilisasi buatan atau in vitro fertilization (IVF). Inilah awal mula teknologi bayi tabung di dunia.

Dua ilmuwan ini melakukan bantuan pembuahan buatan kepada pasangan Lesley dan Peter Brown yang mengalami gangguan tuba falopi. Akibatnya, pasangan ini kesulitan untuk memiliki anak.

Advertisement

November 1977, Lesley dan Peter Brown setuju untuk melakukan prosedur IVF. Indung telur Lesley diambil, dan digabung dengan sperma sang suami, sehingga membentuk embrio. Setelah cukup kuat, embrio tersebut dikembalikan ke rahim Lesley.

Perkembangan kehamilan Lesley berjalan baik. Hingga pada 25 Juli 1975, Lesley berhasil melahirkan bayinya melalui operasi caesar. Bayi tersebut berkelamin perempuan dengan bobot 2,61 kilogram. Bayi tersebut kemudian dinamakan Louise Joy Brown.

Baca: Catatan Sejarah 17 September: PMI Didirikan

Kelahiran Louise Brown kemudian disusul oleh sang adik, Natalie Brown yang juga lahir lewat prosedur IVF.

Mei 1999, Natalie hamil dan melahirkan anaknya secara normal. Disusul Louise yang juga hamil dan melahirkan anaknya dengan normal.

Kehamilan dua orang dari bayi tabung ini kemudian menghapus keraguan bahwa anak bayi tabung tak bisa hamil secara normal. (bpc4)