Agar Kita Tak Salah Persepsi, Apa Itu Hijrah?

Rabu, 15 Juli 2020 11:50
Agar Kita Tak Salah Persepsi, Apa Itu Hijrah?
Ilustrasi, net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Apa itu ‘hijrah’? Fase terpenting hidup seseorang yaitu ketika ia mengalami perubahan diri ke arah yang lebih baik. Fase perubahan penting ini disebut dengan ‘hijrah’. Secara harfiah ‘hijrah’ berarti ‘meninggalkan’.

Kalau ditelaah lebih jauh, hijrah juga dapat dimaknai sebagai keluar dari zona nyaman. Rasulullah SAW melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah untuk mengembangkan Islam. Tapi dalam menjalani kehidupan, hijrah memang dimaknai dalam banyak arti.

Advertisement

“Kamu tidak pernah mengubah hidupmu sampai kamu melangkah keluar dari zona nyamanmu; Perubahan dimulai pada akhir zona kenyamananmu,” kata Roy T. Bennett, Ketua Partai Republik Ohio.

Hijrah juga sering dimaknai sebagai perpindahan atau peralihan dari satu kondisi ke kondisi yang lain. “Hijrah merupakan ruh yang menjiwai gerakan seseorang,” kata Eri Fauzi Rahman dalam tulisannya di Kompasiana.

Baca: Kisah Buya Hamka, Bagian IV (Habis): Dipenjara dan Menyalatkan Jenazah Soekarno

Menurut para ulama Fiqih ‘pesan penting’ dari hijrah yang diajarkan oleh Rasulullah yakni niat seseorang untuk berubah dari hal buruk ke hal yang baik. Kalau pandangan para ulama Sufi, hijrah merupakan bentuk kebulatan tekad semata karena Allah SWT dan Rasul-Nya.

Dari ragam devinisi hijrah ini dapat disimpulkan apa itu hijrah? Yakni meninggalkan kebiasaan buruk dan menjalani hidup dengan kebiasaan baik secara utuh, yang dilakukan dengan kekuatan hati yang bulat. Inti hijrah adalah perubahan diri.

(mg2/bpc2)