Soal Terdakwa Investasi Bodong Dikeluarkan Tanpa Ijin Hakim, Karutan: Panggilan Hanya Dokter Rutan

Selasa, 04 Januari 2022 15:54
Soal Terdakwa Investasi Bodong Dikeluarkan Tanpa Ijin Hakim, Karutan: Panggilan Hanya Dokter Rutan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jaksa Penuntut Umum mulai menindak lanjuti Perintah majelis hakim untuk menghadirkan pihak-pihak terkait keluarnya Agung Salim, terdakwa investasi bodong dari Rutan Sialang Bungkuk dan menginap di RSUD Arifin Ahmad. Namun dari pihak Rutan, panggilan hanya ditujukan kepada dokter/tenaga medis.

Hal ini diakui Kepala Rumah Tahanan Kelas I Sialang Bungkuk, M Lukman, ketika dikonfirmasi bertuahpos.com Selasa 4 Januari 2022. “Surat pemanggilan saksi yang kita terima saat ini hanya dokter/tenaga medis Rutan,” ujar M Lukman.

Sementara ketika dikonfirmasi mengenai tidak adanya permintaan ijin dari majelis hakim untuk memindahkan terdakwa, Lukman mengatakan pihaknya sudah menyampaikan surat pemberitahuan. Lebih jauh, M Lukman menyampaikan keterangannya yang telah disampaikan kepada media sebelumnya, antara lain, pihaknya merujuk kepada PP 58 tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Wewenang, Tugas Dan Tanggung Jawab Perawatan Tahanan.

Pada PP tersebut menurut Lukman, sudah dijelaskan dengan rinci, terkait dengan bahwa pihak Rutan, dapat mengirimkan tahanan yang sakit ke rumah sakit. Baru kemudian dalam jangka waktu 1×24 jam, petugas Rutan memberitahukan kepada instansi yang menahan.

Baca: 15 Besar Calon Komisioner KI Diserahkan Pansel ke DPRD Riau

“Itu sudah kami lakukan, atas dasar kemanusiaan dan kewenangan sesuai dengan PP 58, itu kami laksanakan dan sesuai prosedural,” beber Kepala Rutan Pekanbaru.

Sehari sebelumnya, ketika menggelar sidang investasi bodong dengan terdakwa Salim bersaudara, Dr Dahlan SH MH, mengatakan, pihak Rutan sudah melecehkan majelis hakim dan juga jaksa penuntut umum, dengan mengeluarkan terdakwa Agung Salim dari Rutan dan memindahkannya ke RSUD Arifin Achmad.

“Sudah 30 tahun jadi hakim baru kali ini dilakukan seperti ini. Kayak main main perkara ini. Terdakwa dikeluarkan dari penahanan Rutan ke rumah sakit, majelis hakim tak diberitahu sama sekali.

Suka-suka, seolah-olah Rutan ini bebas berbuat segala. Ini tidak boleh, SOP Rutan, SOP Rutan, ketika sudah ditangani majelis hakim yang berlaku SOP Pengadilan untuk penahanan. Tidak bisa ditabrak itu, makanya perlu koordinasi antara Rutan dengan penuntut umum dan majelis hakim, jangan jalan sendiri seperti ini,” ujar hakim Dr Dahlan.

Ia berharap pada sidang Rabu 5 Januari 2022 nantinya semua persoalan menjadi clear. Dan jika ada tindak pidana dalam masalah keluarnya terdakwa dari Rutan, hakim memerintahkan Jaksa untuk menindak lanjuti ya, agar majelis hakim dan jaksa penuntut umum tidak dilecehkan. (bpc17)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.