Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Diminta Buka Data Efektivitas Kebijakan Covid-19

Kamis, 03 Juni 2021 20:31
Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Diminta Buka Data Efektivitas Kebijakan Covid-19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta untuk membuka data secara luas terkait efektivitas dari kebijakan – kebijakan penanganan covid-19 yang telah dibuat.

Menurut pengamat kebijakan publik Aidil Haris, langkah ini dianggap penting untuk mengukur seberapa berdampak kebijakan – kebijakan yang telah dibuat, terhadap menurunnya angka kasus penyebaran covid-19 di Riau dan di Pekanbaru.

Advertisement

“Data itu perlu dibuka supaya publik tahu berapa persen kebijakan – kebijakan yang telah dibuat itu efektif untuk menekan angka kasus penyebaran corona, kan,” katanya, Kamis, 3 Juni 2021.

“Itu juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat atas apa yang telah mereka lakukan.”

Baca: Belum Rampung, Pemprov Riau Akan Tambah Dana untuk Penyelesaian Mesjid Raya di Rumbai

BACA JUGA:  Kabar Baik, 69 Pasien Positif Covid-19 Siak Dinyatakan Sembuh

Dia menilai, sejauh ini setiap kebijakan – kebijakan yang buat, baik pemprov maupun Pemko Pekanbaru seolah kebijakan uji coba sedangkan pada tahapan evaluasinya, kebijakan – kebijakan itu seperti tidak terukur.

“Kalau tetap pemerintah ngasal dan instruksinya hanya coba-coba dan tidak pernah ada evaluasi serta tidak terukur,” jelsnya.

Menurutnya, jika pola seperti ini masih dipakai dalam upaya penanganan covid-19, maka sampai kapan pun penyebaran covid-19 di Riau tak akan mereda, bahkan cenderung akan makin tak menentu.

“Malah, bukannya turun justru bahkan meningkat karena penanganan tidak terukur,” sebutnya. (bpc2)