Kadin Khawatir Pertumbuhan Ekonomi Melorot Akibat PPKM Leveling

Rabu, 04 Agustus 2021 19:32
Kadin Khawatir Pertumbuhan Ekonomi Melorot Akibat PPKM Leveling
Grafis: Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kamar Dagang dan Industri mengkhawatirkan perpanjangan PPKM leveling, akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal III – 2021. 

Wakil Ketua Umum Kadin Shinta Widjaja Kamdani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air sangat mungkin hanya tumbuh antara 3% – 4% di kuartal III – 2021, jika kebijakan PPKM Level 4 dan 3 terus diberlakukan.

“Kalau relaksasinya lebih cepat dan lebih besar misalnya relaksasi PPKM sepenuhnya di akhir bulan ini, pertumbuhan ekonomi di kuartal III bisa lebih besar,” ujar Shinta, sebagaimana dilansir dari Kontan.co.id, Rabu 4 Agustus 2021.

Oleh sebab itu, dia menjabarkan, untuk pertumbuhan ekonomi di kuartal IV – 2021, sangat bergantung pada relaksasi PPKM. Dengan perkiraan jika pemerintah hanya memberlakukan PPKM Level 1 atau tidak ada PPKM sama sekali, maka pertumbuhan ekonomi di kuartal IV – 2021 sangat mungkin tercapai di angka 5% yoy.

Baca: Syamsuar Sebut Pelabuhan RoRo Dumai Butuh Lahan untuk Parkir

Dengan situasi seperti ini, Menurut Shinta, proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga akhir 2021 masih di ambang ketidakpastian. Selain itu, periode dan tingkat relaksasi PPKM serta stimulus ekonomi juga akan sangat mempengaruhi. (bpc2)