Irlandia Utara Minta Inggris Usir Dubes Israel

Kamis, 03 Juni 2021 13:44
Irlandia Utara Minta Inggris Usir Dubes Israel
Bendera Palestina. (ilustrasi/net)

BERTUAHPOS.COM — Dewan Kota Belfast, Ibu Kota Irlandia Utara, mengajukan mosi kepada Inggris dan Republik Irlandia dan meminta untuk mengusir Dubes Israel. Langkah ini menandakan bahwa reaksi atas serangan Israel ke jalur Gaza baru – baru ini belum usai.

Fars News mengutip situs Belfast Telegraph dalam laporannya menyatakan bahwa mosi tak percaya itu disampaikan oleh seorang anggota Dewan Kota Belfast dari Gerakan People Before Profit (PBP) Fiona Ferguson.

Advertisement

Rencananya masalah ini akan dibahas secara lebih spesifik pada 8 Juni 2021 mendatang. Mosi itu mengatakan bahwa tindakan militer Israel terhadap Gaza tak ubahnya seperti misi pembersihan etnis warga Palestina.

Sedangkan di waktu yang sama upaya perluasan pemukiman Israel secara ilegal sejak awal sudah menjadi pelanggaran tegas dari sudut pandang hukum internasional.

Baca: Mallaby Bukan Jenderal Inggris Satu-satunya yang Tewas di Surabaya

BACA JUGA:  2 Anggota Hamas Ditahan Israel di Tepi Barat

Di Belfast, dukungan terhadap Palestina terus bertambah dan kian meluas. Hal itu dapat dilihat dari solidaritas rakyat Irlandia Utara kepada rakyat Palestina, dan dianggap dapat menjadi media untuk meruntuhkan dukungan atas kejahatan Israel. (bpc2)