Pasar Tebet Jadi Pasar Pertama Tanpa Kantong Plastik

Sabtu, 29 Februari 2020 05:08
Pasar Tebet Jadi Pasar Pertama Tanpa Kantong Plastik

BERTUAHPOS.COM – Pasar Tebet di Jakarta Selatan jadi pasar pertama tidak pakai kantong plastik sebagai tempat untuk untuk wadah belanjaan.

Pasar yang dikelola oleh BUMD Pasar Jaya itu awal dari diberlakukannya Pergub DKI Nomor 142 Tahun 2019, efektif diberlakukan pada 1 Juli 2020 mendatang.

Advertisement

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Syaripudin, mengatakan dalam Pergub itu, kantong belanja ramah lingkungan bukan hanya kewajiban pengelolaan pasar rakyat, tapi juga akan diberlakukan untuk pasar moderen seperti swalayan.

“Pada tahap awal, kami tergetkan pengurangan sampah plastik hingga 600 ton. Angka itu rata-rata dihasilkan setiap hari dari 153 pasar di Ibukota,” katanya, seperti dikutip dari VIVAnews.com.

Baca: Pemberhentian Kontrak ini Tak Manusiawi

Hal ini diharapkan mendorong tidak digunakannya sama sekali plastik karena efek buruknya terhadap lingkungan. Menurut pemerintah, pasar tradisional merupakan salah satu yang berkontribusi menghasilkan sampah plastik terbesar di DKI Jakarta.

Syaripudin mengatakan penerapa tanpa kantong plastik di pasar Tebet masih dalam tahapan uji coba. Pemerintah memberikan secara cuma-cuma kantong belanja berbahan kertas bekas ke pedagang.

Berdasarkan survei, 89,5% pedagang setuju tidak digunakannya lagi kantong plastik sekali pakai di pasar. “Ke depannya, aturan ini akan efektif jika kita bergerak bersama,” kata Syaripudin. (bpc3)