Zulkifli AS Ditahan KPK, Sekdako Diangkat Jadi Plh Walikota Dumai

Rabu, 18 November 2020 13:05
Zulkifli AS Ditahan KPK, Sekdako Diangkat Jadi Plh Walikota Dumai
Walikota Dumai Zulkifli AS. (Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Riau Sudarman mengatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, dengan sendirinya

menjabat sebagai Pelaksana Harian atau Plh Walikota Dumai, setelah walikotanya Zulkifli AS ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Advertisement

“Dalam ketentuannya sudah seperti itu. Jika walikota dan wakil walikotanya berhalangan, maka otomatis Sekdako yang jadi Plh,” kata Sudarman, Rabu, 18 November 2020 di Pekanbaru.

Adapun Sekdako Dumai saat ini dijabat oleh Herdi Salioso. Panca-penahanan Walikota Dumai Zulkifli AS, Sudarman berkata, Pemprov Riau kini tengah mempersiapkan surat resmi ke Kementerian Dalam Negeri sebagai syarat administrasi penetapannya sebagai Plh Walikota Dumai.

Baca: Baru Terealisasi 4.500, Kuansing Kebut Pembuatan 10.000 KIA

BACA JUGA:  Respon Abraham Samad Terhadap Kondisi KPK Saat Ini: Menyedihkan!

Dalam ketentuannya, jika kepala daerah dihadapkan dalam situasi tertentu atau berhalangan, maka roda pemerintahan akan diambil alih oleh wakil walikotanya. Sementara Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, saat ini sedang cuti karena ikut dalam Pilkada Riau 2020.  

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Walikota Dumai Zulkifli AS sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap DAK Dumai dan APBN 2018. Dia ditahan di rutan KPK selama 20 hari kedepan untuk keperluan penyidikan lebih lanjut. (bpc2)