Inilah Alat Pendeteksi Suspek Covid-19 yang Diluncurkan LIPI

Rabu, 18 November 2020 13:30
Inilah Alat Pendeteksi Suspek Covid-19 yang Diluncurkan LIPI
Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19).(Humas Lipi)

BERTUAHPOS.COM — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat alat pendeteksi suspek Covid-19. Alat ini sudah diluncurkan oleh lembaga itu setelah melewati berbagai uji coba. Si-Monic, namanya (Smart Innovated Monitoring for Covid-19). 

“Si-Monic adalah sistem pengawasan individu bagi orang yang terkonfirmasi/suspek/kontak erat Covid-19, berbasis wearable device pertama di Indonesia,” kata Kepala P2ET LIPI Budi Prawara.

Advertisement

Dia menjelaskan alat pendeteksi suspek Covid-19 ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam aspek pengawasan suspek Covid-19. Teknologi yang ditanamkan pada wearable device Si-Monic berupa Chip Bluetooth Low Energy (BLE) yang memiliki ID khusus dan terkoneksi dengan internet, via smartphone melalui aplikasi Si-Monic yang tersedia dan dapat diunduh di Play Store.

“Sehingga pemakainya akan selalu bisa dipantau melalui server terpusat,” ucap Budi melalui keterangan resminya, Rabu 18 November 2020.

Baca: Hilangnya Jaringan Telkomsel Berdampak Signifikan ke Pelaku Usaha

LIPI juga merilis beberapa foto yang menunjukkan bentuk fisik dari alat itu. sepintas memang terlihat seperti jam tangan untuk memudahkan pemakaian bagi penggunanya.

Sedangkan pengawas akan mengetahui informasi pergerakan dan status pengguna apabila pengguna berusaha melepas paksa atau menonaktifkan perangkat dengan cara apapun, karena Si-Monic akan selalu diperbaharui.

Menurut Budi, alat ini telah lolos uji laboratorium secara fungsional. Guna mempercepat disfusi produk riset LIPI, alat ini dikerjasamakan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat (BP2D). (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 03 Desember 2020 20:02

Pak Mursini, Jadilah Pemimpin Yang Jujur, Jangan Berbohong!

#sidang #korupsi #kuansing

Kamis, 03 Desember 2020 17:40

Satgas Covid-19 Akui Sistem Data Belum Optimal

#data #covid #corona

Kamis, 03 Desember 2020 17:18

Pochettino Tertarik Latih PSG?

#PSG

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:06

Begini Gambaran Literasi dan Inklusi Asuransi di Riau

#asuransi #ojk #riau