Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau Masih Terjadi, Kadiskes Riau: Masyarakat Tetap Harus Waspada

Minggu, 08 November 2020 14:32
Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau Masih Terjadi, Kadiskes Riau: Masyarakat Tetap Harus Waspada
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir – Foto: Melba / Bertuahpos.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau meminta agar masyarakat tetap selalu waspada terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) di Riau.

Menurut data dari Satgas Penanganan Covid-19 Riau, tercatat angka kesembuhan dari wabah ini memang mengalami peningkatan. Per 7 November 2020 terdapat penambahan lima pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Sehari sebelumnya, juga terdapat tujuh pasien yang meninggal dunia.

“Saat ini total pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Riau sudah 360 orang. Atau 2,3 persen dari jumlah pasien positif Covid-19 di Riau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

Dia menambahkan, hampir setiap hari di Riau masih ditemukan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Meskipun angka kesembuhan juga meningkat, namun masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca: Hampir Rusuh, Ribuan Massa Aksi di Pekanbaru Membubarkan Diri

Meksipun persentase angka kematian di Riau cukup rendah dan angka kesembuhan tinggi yakni diatas 80%. Namun masyarakat harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan, karena Covid-19 masih menjadi ancaman.

“Protokol kesehatan harus tetap dijalankan, utamanya menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” himbaunya.

Mimi juga menjelaskan, bahwa rata-rata pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Riau adalah yang sudah lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit penyerta. Hal tersebut yang semakin memperburuk kondisi pasien. (bpc2)