Syamsuar Warning Netralitas ASN di Pilkada Riau 2020

Rabu, 11 November 2020 10:30
Syamsuar Warning Netralitas ASN di Pilkada Riau 2020
Gubernur Riau Syamsuar. (Diskominfotrik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar memperingatkan mengenai netralitas ASN dalam Pilkada Riau 2020. Pada Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang, setidaknya ada sembilan daerah di Riau yang akan ikut dalam kontestasi demokrasi ini.

“Sembilan kabupaten kota yang menyelenggarakan Pilkada yaitu dari 12 kabupaten kota se Provinsi Riau sehingga perlu komitmen untuk netralitas Aparatur Sipil Negara,” kata Syamsuar.

Advertisement

Masalah netralitas ASN akan menjadi konsen pemerintah dalam upaya mewujudkan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil. Kata Syamsuar, ASN tidak hanya berperan sebagai pelayan publik tetapi juga sebagai perekat negara kesatuan Republik Indonesia, sehingga peran tersebut harus dijunjung tinggi netralitas dan tidak boleh menunjukkan keberpihakannya.

Meskipun pada dasarnya ASN juga memiliki hak pilih. Syamsuar berharap, dengan adanya surat keputusan bersama dengan lima lembaga negara tentang pedoman pengawasan netralitas pegawai ASN dalam penyelanggaraan Pilkada yang dilakukan secara serentak tahun 2020.

Baca: Ulama dan Tokoh Agama Diminta Terlibat dalam Sosialisasi Protokol Kesehatan, Sesuai dengan ‘Keinginan’ Syamsuar?

“Kita berharap BKN Kantor Regional XII Pekanbaru dapat menjalankan perannya sebagai pembina manajemen ASN dalam menjaga Netralitas ASN khususnya di wilayah kerja Pekanbaru,” pungkasnya. (bpc2)