Klaster Pilkada, Ketua KPU Riau Khawatir Terjadi Saat Kampanye

Kamis, 19 November 2020 10:02
Klaster Pilkada, Ketua KPU Riau Khawatir Terjadi Saat Kampanye

BERTUAHPOS.COMPEKANBARU – Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir mengatakan dirinya lebih mengkhawatirkan klaster COVID-19 terjadi saat masa kampanye.

Menurut Ilham, mesti telah dibatasi, yakni maksimal hanya 50 orang, namun masa kampanye masih berpotensi menimbulkan keramaian.

Advertisement

Meski demikian, Ilham mengatakan klaster pilkada bisa dihindari jika pasangan calon, tim kampanye, dan juga masyarakat bisa menerapkan 3M saat masa kampanye.

“Yang paling dikhawatirkan kami adalah masa kampanye ini. Kalau kita bisa menerapkan protokol kesehatan dan 3M di masa kampanye ini, kita bisa terhindar dari klaster pilkada,” ujar Ilham kepada bertuahpos.com.

Baca: Bawaslu Riau Tegaskan Tetap Fokus Pengawasan Netralitas ASN

Sebagai tindakan pencegahan, kata Ilham, KPU telah mengimbau paslon dan tim kampanye memaksimalkan kampanye secara online atau daring.

BACA JUGA:  Bawaslu Riau: Pelanggaran Pilkada Banyak Terjadi Masa Kampanye

Kemudian, semua bentuk kegiatan yang mengumpulkan massa sudah dilarang dalam Peraturan KPU (PKPU), seperti konser musik, kegiatan sosial, budaya, ataupun olahraga.

“Maka, jika bisa menerapkannya, kita bisa terbebas dari klaster pilkada,” tambahnya.

Sementara, untuk hari H pencoblosan, Ilham mengatakan pihaknya mempersiapkan dengan matang. Semua logistik pencegahan penyebaran COVID-19 di TPS juga sudah disiapkan.

“Di TPS nanti disediakan masker, sarung tangan plastik, sarana mencuci tangan, pengukur suhu tubuh, dan faceshield bagi petugas. Diterapkan juga 3M,” pungkasnya. (bpc4)