Jokowi Akan Disalahkan Jika Tidak Karantina Wilayah

Minggu, 29 Maret 2020 15:27
Jokowi Akan Disalahkan Jika Tidak Karantina Wilayah

BERTUAHPOS.COM – Presiden Joko Widodo masih punya waktu untuk mempertimbangkan kebijakan karantina wilayah di tengah wabah Corona yang terus meluas. Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyarankan agar  Jokowi mengambil langkah itu. Seruan ini disampaikan Denny melalui serial memenya.

Denny mengatakan, karantina wilayah merupakan cara agar virus corona tidak makin menyebar ke berbagai daerah. Terlebih, akan ada arus mudik menjelang puasa dan Lebaran.

Advertisement

“Indonesia tak mengenal istilah lockdown. Tapi, Indonesia mempunyai konsepnya sendiri: karantina wilayah. Itu diatur dalam UU 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan,” kata Denny seperti dikutip Republika.co.id.

Masalahnya karantina wilayah itu, menurut Denny, merupakan kewenangan pemerintah pusat. Namun, kini daerah mulai banyak mengambil inisiatif sendiri untuk melindungi wilayahnya, seperti Solo,  Bali, Tegal, Papua, dan Maluku.

Baca: Malaysia Ragukan Kevalidan Rapid Test, Indonesia Malah Pesan 1 Juta Unit

Menurut dia, langkah pemda ini sebenarnya tak sesuai aturan. Namun, persepsi publik memihak mereka. Pemda itu dianggap peduli.

“Jika Jokowi terlambat bertindak menerapkan karantina wilayah dan penyebaran virus corona memburuk, sejarah akan menyalahkan Jokowi,” kata Denny.

Menurut Denny, yang penting harus ada aturan bahwa arus uang dan barang tetap lancar. Denny bahkan menyarankan Jokowi jangan berhenti di tingkat imbauan. Namun, pemerintah harus juga membuat aturan yang memberikan sanksi hukuman fisik atau denda.

Pada era sekarang, menurut Denny, publik akan mengerti. Kesehatan bersama berada di atas kebebasan. “Tak apa kebebasan dibatasi sementara karena penyebaran virus dan nyawa manusia sebagai risiko,” kata Denny. 

Masyarakat sipil dan pengusaha, dia menambahkan, pada era pandemik ini juga sangat ditunggu peran sertanya. Pandemik terlalu besar jika hanya diserahkan kepada pemerintah. (bpc3)

Berita Terkini

Sabtu, 08 Agustus 2020 17:45

Gempa 5,5 SR Guncang NTT Sore Ini

#GEMPA

Sabtu, 08 Agustus 2020 17:38

Malaysia Warning Riau Soal Aktivitas Nelayan di Perbatasan

#SELATMALAKA #NELAYAN #INDONESIA-MALAYSIA

Sabtu, 08 Agustus 2020 15:37

Shin Tae-yong: Fisik Pemain Timnas Menurun

#TIMNAS

Sabtu, 08 Agustus 2020 14:23

PAN: Ekonomi Indonesia Drop, Emak-Emak Tak Pegang Duit

#EMAK-EMAK

Sabtu, 08 Agustus 2020 13:04

Awal Semester II/2020 Realisasi Keuangan APBD Riau Baru 34%

#REALISASI #APBDRIAU

Sabtu, 08 Agustus 2020 11:36

Kawanan Gajah Liar ‘Dihalau’ Keluar Sawit Warga

#GAJAHLIAR