Karhutla Riau, Danrem 031 WB: Belum Ada Tambahan Personel

Sabtu, 11 Juli 2020 11:26
Karhutla Riau, Danrem 031 WB: Belum Ada Tambahan Personel
Kepulan asap akibat Karhutla. (Foto: Ilustrasi, Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Komandan Resor Militer 031/Wira Bima (Danrem 031/WB) Brigadir Jenderal TNI M Syech Ismed SE MHan mengatakan sejauh ini memang belum dilakukan penambahan personel dalam upaya penanganan Karhutla di Provinsi Riau.

“Saat ini belum,” ujarnya belum lama ini.

Advertisement

Dia menambahkan, belum adanya penambahan personel TNI dalam upaya penanganan Karhutla di Provinsi Riau, lantaran memang kondisi Kerhutla masih bisa ditangani oleh personel di lapangan.

Namun demikian, dia menegaskan, bahwa pihaknya menyatakan kesiapan, jika memang kondisi dan situasi Karhutla di Riau membutuhkan tambahan tenaga untuk penanganan.

Baca: Kebakaran Lahan Pemerintah Harus Evaluasi Izin APRIL

“Sekarang ini belum. Karena memang kondisi di Riau masih ada hujan (situasi di lapangan cenderung masih bisa dikendalikan). Kita masih mampu kok (dengan pasukan yang ada untuk melakukan penanganan Karhutla),” jelasnya.

Meski demikian, Brigadir Jenderal TNI M Syech Ismed SE MHan menambahkan, bahwa pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan Karhutla, tidak hanya pada wilayah yang dinyatakan rawan, tapi juga daerah lain di provinsi ini.

Diantara upaya pencegahan yang dilakukan yakni, sosialisasi langsung kepada masyarakat, patroli, dan membina masyarakat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam penanganan Karhutla.

Sebelumnya, BMKG telah mengingatkan bahwa pada akhir Juli-Agustus 2020 Riau, Jambi dan Sumsel memasuki musim panas. Ketiga daerah ini diminta untuk waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran lahan.

(bpc2)