7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Selasa, 19 Mei 2020 10:50

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ibadan puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi umas Islam. Wajib berarti ibadah ini merupakan perintah yang harus dikerjakan, dan orang yang tidak melaksanakan puasa akan diganjar dosa.

Islam tentu punya alasan mengapa puasa sebulan penuh menjadi hal yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Dalam banyak riwayat menyebutkan bahwa ibadah puasa merupakan ibadah manusia dan Allah. Ada banyak keutamaan-keutaman yang tersembunyi di dalam ibadah puasa.

Tidak hanya itu, dalam dunia kesehatan, berpuasa juga dianjurkan, karena diakui banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari akun Instagram @literasizakatwakaf berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan:

1. Mengontrol gula dara. Ada banyak study yang menyebutkan bahwa dengan rutin berpuasa, maka dapat menjaga pergerakan kadar gula darah di dalam tubuh. Orang yang rajin berpuasa cenderung gula darahnya stabil.

Baca: Anjuran Ini Selalu Diabaikan, Padahal Efektif Tangkal Dehidrasi Saat Berpuasa

2. Mengurangi peradangan. Para ahli kesehatan menyebut peradangan berpotensi akan memicu penyakit lain seperti jantung, kanker, dan reumatoid arthritis. Studi membuktikannya bahwa tingkat peradangan orang yang berpuasa lebih dari 12 jam sehari dapat menurun.

3. Puasa dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang melibatkan kebih dari 4.000 orang juga membuktikan puasa dapat menurunkan penyakit jantung koroner dan diabetes.

4. Berpotensi meningkatkan kesehatan otak. Menurut study puasa dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf sehingga fungsi kognitif juga meningkat.

5. Membantu menurunkan berat badan. Dengan berpuasa akan mengurangi asupan kalori. Kadar lemak secara bertahap dapat menurun dan menjaga jaringan otot sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Meningkatkan hormon pertumbuhan. Sebuah study  juga membuktikan bahwa secara alami hormon pertumbuhan akan meningkat dengan rutin berpuasa.

7. Memperbaiki suasana hati. Puasa dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa membantu tubuh merasa lebih baik atau lebih bahagia.

(bpc3)