Penggalan Puisi dan Quote Widji Thukul Tranding di Twitter

Rabu, 26 Agustus 2020 20:14
Penggalan Puisi dan Quote Widji Thukul Tranding di Twitter

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Penggalan puisi dan quote Widji Thukul menjadi trending di Twitter hari ini, Rabu, 26 Agustus 2020.

Thukul dikenal sebagai aktivis hak azasi manusia yang kerap mengkritisi kebijakan pemerintah dan membela kaum marjinal. 

Advertisement

Dia juga seorang sastrawan. Puisi-pusinya berisi pesan-pesan tentang sosial dan penindasan dengan dana kritis. Thukul merupakan salah satu tokoh yang ikut melawan penindasan rezim Orde Baru. 

Sejak 1998 sampai sekarang dia tidak diketahui keberadaannya, dinyatakan hilang dengan dugaan diculik oleh militer.

Baca: Driver Ojol Ini Berusaha Lindungi Orderannya dari Semprotan Disinfektan, Videonya Viral

Penggalan puisi dan quote tentang dirinya banyak dibagian di akun Twitter. Berdasarkan penelusuran Bertuahpos, hingga malam ini ada 5.826 twit tentang Wiji Thukul.

“Dari seorang Wiji Thukul kita belakar, bahwa kata-kata akan lebih berbahaya dari senjata. Wiji Thukul adalah seorang sastrawan yang berulang tahun hari ini dan hilang 27 Juli 1998,” tulis akun @jembatanbudaya.

“Apa guna punya ilmu tinggi kalau hanya untuk mengibuli. Apa gunanya banyak baca buku kalau mulut kau bungkam melulu (26 Agustus 1963, hilang 27 Juli 1998),” tulis akun @logos_id.

Selain itu, juga banyak akun yang membagikan video-video saat dirinya membacakan puisi-puisi kritisnya. Termasuk foto-foto lama yang berkaitan dengan Widji Thukul. (bpc2)