Bagaimana Situasi Ramadhan di Pekanbaru Tahun Ini?

Sabtu, 03 April 2021 18:16
Bagaimana Situasi Ramadhan di Pekanbaru Tahun Ini?
Mesjid Raya Provinsi Riau. (Istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Suasana Ramadhan di Pekanbaru tahun ini, mungkin tak akan jauh berbeda dengan tahun 2020 lalu, meski pemerintah memberikan sedikit kelonggaran untuk menghidupkan suasana di malam bulan Ramadhan.

Melalui surat edaran nomor 98/SE/IV/2021, Pemerintah Kota Pekanbaru masih menghimbau agar masyarakat melaksanakan kegiatan di rumah. Surat yang ditandatangani Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT itu berisi tentang Pelaksanaan Kegiatan Bulan Suci Ramadan 1442 H 2021 M di tengah Masa Pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru.

Advertisement

Edaran ini masih mengacu pada pedoman perilaku hidup baru masyarakat produktif dan aman dalam pencegahan dan penganggaran Covid-19, di Kota Pekanbaru.

“Dalam, menghidupkan malam Ramadan di tengah pandemi Covid-19 agar terap mengutamakan kegiatan ibadah di rumah bersama keluarga. Adapun bagi rumah ibadah tetap dapat melaksanakan kegiatan malam dengan beberapa ketentuan.”

Baca: Sindir Pejabat yang Tak Bisa Terima Kata Kasar, Pak SBY Trending Twitter dan Masih Dirindukan Kepemimpinannya

BACA JUGA:  Muhammadiyah: Jangan Paksakan Diri Taraweh di Mesjid

Selain itu, harus mempedomani surat edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020 tentang panduan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan aman Covid-19 di masa pandemi.

Di dalam surat itu, pengurus rumah ibadah harus membentuk petugas protokol kesehatan yang bertanggung jawab terhadap penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah dan berkoordinasi secara berjenjang dengan Satgas penanganan Covid-19 di tingkat Kelurahan.

Pemko juga membatasi seluruh rangkaian ibadah di malam Ramadhan hingga pukul 21.00 Wib. Pelaksanaan shalat Isya, tarawih dan santapan rohani dilakukan seefisien mungkin, tidak lebih dari 75 menit.

“Santapan rohani Ramadhan maksimal 10 menit. Tadarus Alquran diutamakan di rumah bersama keluarga. Membatasi jumlah jamaah 50 persen dari kapasitas rumah ibadah,” di dalam poin SE yang diterbitkan.

Kegiatan lainnya di luar rumah ibadah, seperti acara buka bersama, pembagian zakat, santunan anak yatim, bisa dilaksanakan dengan tetap menghindari kerumunan serta menjaga Protokol Kesehatan. “Bagi masjid dan Mushala yang berada di zona merah Covid-19, dianjurkan untuk tidak melaksanakan shalat tarawih berjamaah”.

Pemko juga meminta seluruh masyarakat agar saling mengingatkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 23 April 2021 14:25

TNI Yakini KRI Nanggala 402 Kini Dalam Posisi Diam

KRI Nanggala 402

Jumat, 23 April 2021 13:25

Aktivitas Penumpang Mudik di Terminal BRPS Pekanbaru Kian Menurun

Rata-rata penurunan jumlah penumpang 5-10%.

Jumat, 23 April 2021 13:00

Guys, Berikut Ini Rekomendasi 5 Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Jumat, 23 April 2021 12:35

3 Roket Sasar Tentara AS di Baghdad

Serangan Roket