Mungkin Jepang Akan Beli 2 Unit Kapal Aegis untuk Lawan Rudal Korut

Kamis, 05 November 2020 13:31
Mungkin Jepang Akan Beli 2 Unit Kapal Aegis untuk Lawan Rudal Korut
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM Jepang mempertimbangkan untuk membeli dua unit kapal Aegis untuk melawan rudal Korut (Korea Utara). Sebelumnya mereka gagal meneruskan program pengadaan sistem pertahanan yang berbasis di darat. 

Final keputusan ini masih manunggu pengumuman laporan sementara pada pertengahan November 2020 ini, rencananya ada dua perusahaan swasta dipercaya untuk tangani program tersebut. Begitulah informasi yang dilaporkan oleh Kyodo.

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pertahanan diminta sesegera mungkin untuk mengalokasi anggaran fiskal tahun 2021 yang akan disusun akhir tahun ini.

Setelah rencana tersebut mendapatkan izin, kapal Aegis tersebut nantinya akan memiliki fungsi yang disebut sebagai Pertahanan Udara dan Rudal Terpadu dan akan menangkal rudal balistik.

Baca: Sejarah Kebudayaan Islam: Penaklukan Mekkah

Tidak hanya itu, sistem pertahanan baru ini juga diharapkan bisa bekerja maksimal untuk melawan rudal jelajah dan jet tempur.

Atas dasar keamanan dan teknis, Jepang pada bulan Juni lalu memutuskan untuk menghentikan rencana pengadaan sistem pertahanan Aegis Ashore yang dikembangkan oleh AS. (bpc2)