Syamsuar Sebut Banyak TKI Riau Tak Berskill Kerja di Malaysia, Sampai Diuber-uber Polisi

Kamis, 05 November 2020 13:51
Syamsuar Sebut Banyak TKI Riau Tak Berskill Kerja di Malaysia, Sampai Diuber-uber Polisi
Gubernur Riau Syamsuar – Foto: Diskominfotik Riau.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengakui ada banyak Tenaga Kerja Indonesia atau TKI Riau yang tidak memiliki skill atau keterampilan, bekerja di Negeri Jiran, Malaysia. Akibatnya, mereka hanya bisa mengantongi visa kunjungan, bukan visa pekerja.

“Setiap bulan mereka harus melapor ke imigrasi kita. Mereka bekerja diuber-uber polisi Malaysia dengan upah yang sangat kecil. Ini memprihatinkan,” katanya seperti dikutip dari mediacenter.riau.go.id, Kamis, 5 November 2020.

Advertisement

Syamsuar mengatakan Pemprov menyadari persoalan seperti ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemda. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian tenaga kerja asal Riau dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia.

Riau punya Balai Latihan Kerja (BLK). Sarana ini seharusnya bisa dimaksimalkan untuk mengatasi masalah keterampilan kerja Riau minim. “BLK harusnya mampu meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja kita di daerah

Baca: Pekanbaru Rencanakan Karantina Wilayah

Gubernur Riau H Syamsuar menegaskan, keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja (Naker) di daerah.

“Keberadaan BLK ini memiliki misi untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan keahlian. Sehingga mereka nanti bisa bekerja di perusahaan di Riau maupun di luar negeri,”kata Gubri.

Dua BLK Riau diserahkan ke Kementerian Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Kemenakertrans) RI. Kedua BLK itu berada di Kota Dumai dan Kota Pekanbaru. Cara ini dianggap efektif agar masalah pelatihan kemampuan tenaga kerja dikelola langsung oleh pemerintah pusat. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 03 Desember 2020 20:02

Pak Mursini, Jadilah Pemimpin Yang Jujur, Jangan Berbohong!

#sidang #korupsi #kuansing

Kamis, 03 Desember 2020 17:40

Satgas Covid-19 Akui Sistem Data Belum Optimal

#data #covid #corona

Kamis, 03 Desember 2020 17:18

Pochettino Tertarik Latih PSG?

#PSG

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:06

Begini Gambaran Literasi dan Inklusi Asuransi di Riau

#asuransi #ojk #riau