Pentingnya Bintan, Lingga, dan Riau Dalam Perkembangan Kerajaan Melayu

Sabtu, 18 Januari 2020 10:05
Pentingnya Bintan, Lingga, dan Riau Dalam Perkembangan Kerajaan Melayu
Istana Siak. (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sejarah mencatat pentingnya posisi Bintan, Lingga, dan Riau, bagi kerajaan Melayu. Di tiga daerah ini, tumbuh dan berkembang kerajaan-kerajaan Melayu.

Menurut buku ‘Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan’ yang ditulis Koenjtaraningrat dkk, raja-raja Melayu yang terusir dari Malaka ataupun Johor kemudian menjadikan Bintan atau Riau sebagai pelarian.

Advertisement

Seperti yang dilakukan Sultan Mahmud Syah, sultan Malaka saat kerajaan itu ditaklukkan Portugis pada tahun 1511. Mahmud Syah kemudian mendirikan pemerintahan pelarian di Bintan, dan kemudian mengundurkan diri ke Kampar.

Hal yang sama juga dilakukan Raja Kecik, pendiri Kerajaan Siak. Setelah merebut tahta Kerajaan Johor, pemerintahannya selalu mendapatkan gangguan, sehingga Raja Kecik mengundurkan diri ke Bintan.

Baca: Mengapa Kerajaan Melayu di Riau-Kepri Mudah Ditaklukkan Bangsa Barat

Setelah Bintan, Raja Kecik mengundurkan diri ke aliran Sungai Siak, dan mendirikan pusat pemerintahannya di Buantan (10 km arah hilir Kota Siak). Justru kemudian, Siak menjadi besar dan berkembang serta bertahan hingga tahun 1945. (bpc2)