Konflik India-China: Senjata Militer Lengkap Dikerahkan ke Perbatasan

Rabu, 26 Agustus 2020 09:32
Konflik India-China: Senjata Militer Lengkap Dikerahkan ke Perbatasan

BERTUAHPOS.COM — India mengerahkan senjata-senjata militer buatan Rusia ke perbatasan China. Ini menandakan konflik India-China makin meningkat di wilayah sengketa — Lembah Sungai Galwan, antara Ladakh (India) dan Daerah Otonomi Tibet (China). Pertikaian ini sudah terjadi sejak Juni 2020 lalu.

Mengutip SputnikNews, Beijing terus menekan, membuat India memanfaatkan armada buatan Rusia untuk melakukan penjagaan.

Advertisement

“Pasukan India yang dipersenjatai dengan sistem pertahanan udara Igla asal Rusia telah dikerahkan di ketinggian tertentu pada perbatasan, untuk menjaga setiap pesawat musuh yang mencoba melanggar ruang udara India di sini,” kata salah satu sumber dikutip dari media itu, yang dilansir oleh Republika.

Militer India juga dipersenjatai dengan sistem pertahanan udara portabel Igla, dikerahkan dekat Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh Timur. India juga sudah mengeragkan radar untuk pertahanan udara dalam upaya menjaga wilayah.

Baca: PNS Pemko Pekanbaru Disarankan Mundur Jika…

Laporan Asia News International, pengerahan pertahanan udara itu dilakukan saat ada dugaan penerbangan helikopter China di sepanjang daerah perbatasan yang disengketakan. Helikopter tersebut diduga telah berusaha memasuki wilayah India, termasuk Lembah Galwan dan Patrolling Point 14.

Terlepas dari ribuan tahun kerja sama dan hubungan ekonomi yang erat antara kedua negara di masa lalu, China dan India telah menghadapi ketegangan selama puluhan tahun karena sengketa perbatasan. 

Pada 10 Mei dan 15 Juni, pasukan kedua negara terlibat dalam bentrokan yang menyebabkan puluhan prajurit terluka dan dalam insiden kedua hingga 20 tentara India dan sejumlah prajurit Cina meninggal dunia. (bpc2)