India Rusuh Akibat Postingan Hina Nabi Muhammad

Kamis, 13 Agustus 2020 07:30
India Rusuh Akibat Postingan Hina Nabi Muhammad

BERTUAHPOS.COM — Sebuah kerusuhan tak relakkan di India akibat dipicu postingan Facebook yang berisi nada hinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Postingan itu virus, dan memancing kerusuhan. Dikabarkan 2 tewas akibat peristiwa tersebut.

Kerusuhan yang melibatkan ribuan massa dan polisi itu terjadi di pusat TI India, Bangalore. Media setempat melaporkan 2 orang yang meninggal dalam kerusuhan itu akibat luka tembak. 60 petugas keamanan juga dilaporkan luka-luka.

Advertisement

Massa berjumlah ratusan menyerbu, membakar kendaraan, dan rumah seorang anggota parlemen yang keponakannya diduga bertanggung jawab atas postingan penghinaan tersebut.

Mengutip republika.co.id, polisi sempat melepaskan tembakan dan gas air mata ke kerumunan massa. 3 orang terluka parah dalam kekerasan yang meledak pada dan satu reporter dilaporkan terluka.

Baca: WHO Prediski Wabah Corona di Asia Masih Panjang

Komisioner polisi Bangalore Kamal Pant menyatakan melalui akun Twitter pribadinya bahwa keponakan anggota parlemen yang diduga sebagai pelaku penistaan agama itu telah ditangkap. 

Sekitar 100 orang pengunjuk rasa yang diduga sebagai provokator kerusuhan dan pembakaran juga telah diamankan kepolisian. (bpc2)