Inilah Doa Usai Shalat Sunhah Fajar

Minggu, 26 Juli 2020 05:42
Inilah Doa Usai Shalat Sunhah Fajar
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Shalat Sunnah Fajar merupakan salat yang dilangsungkan pada saat fajar telah terbit. Shalat sunat ini walaupun hanya dikerjakan 2 rakaat saja, memiliki keutamaan yang sangat besar.

“Dua rakaat Shalat Sunnah Fajar lebih baik dari dunia seisinya,” bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Muhammad SAW tentang keutamaan yang terkandung dalam Shalat Fajar.

Advertisement

Lalu, apa saja bacaan atau amalan yang baik setelah melaksanakan shalat sunat fajar? Syeikh An Nawawi menganjurkan membaca bacaan dzikir khusus setelah shalat fajar dan menunggu subuh, yaitu:

Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali), Al-Ikhlas (11 kali), Al-Falaq (1 kali), An Nas (1 kali). Lalu ditutup dengan, ‘Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali).

Baca: Jokowi: Hargai Lebijakan Pemerintah Saudi

Setelah melantukan doa dan zikir tersebut, dianjurkan untuk berbaring sejenak ke samping kanan menunggu shalat fardu subuh. Sembari berbaring, kamu bisa membaca:

Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa ‘Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar”

Artinya: Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad SAW. Selamatkanlah kami dari neraka. (bpc2)