Ini Jumlah Ayat, Surat dan Juz dalam Al-Quran

Jumat, 28 Agustus 2020 09:47
Ini Jumlah Ayat, Surat dan Juz dalam Al-Quran

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Allah SWT menurunkan empat kitab yang wajib diimani oleh Muslim. Keempat kitab ini diturunkan kepada nabi dan rasul pilihan. Artinya nabi dan rasul yang diamanahkan kitab adalah mereka yang memiliki keistimewaan. Lalu, berapakan sebenarnya jumlah ayat, surat dan juz dalam Al-Quran?

Adapun empat kitab yang diturunkan Allah SWT adalah Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran. Dalam beberapa riwayat menjelaskan, Al-Quran merupakan kitab pelengkap dari tiga kitab suci yang sebelumnya dirurunkan. Setelah Al-Quran tidak ada lagi kitab yang diturunkan Allah.

Advertisement

Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai rasul terakhir yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, rahmat bagi sekalian alam, juru penyelamat di dunia dan akhirat.

Al-Quran yang diturukan kepada Rasulullah SAW menjadi wasiat keselamatan bagi seluruh umat manusia, tidak hanya umat Islam. Di dalam Al-Quran, Allah memberikan setiap jawaban atas segara pertanyaan yang sulit dipecahan sekalipun.

Baca: Kopi Kawa yang Rendah Kafein dan Kaya Akan Manfaat

Kitab Al-Quran berisi 114 surat ini disusun dalam 30 juz. Jumlah ayatnya ada 6 ribu lebih. Ada yang menyebut 6.666 ada juga yang menyebut 6.300-an. Perbedaan perhitungan ini terjadi karena adanya perbedaan dalam qiro’ah. Sehingga berdampak pada perbedaan titik-titik ayat. (bpc2)