Hewan Kurban: Kambing atau Sapi, Mana yang Utama?

Minggu, 26 Juli 2020 12:05
Hewan Kurban: Kambing atau Sapi, Mana yang Utama?
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM — Ada beberapa jenis hewan yang masuk dalam kategori hewan kurban. Namun umumnya yang banyak kita lihat, hewan yang dikurbankan saat Idul Adha, yakni kambing dan sapi.

Dari kedua jenis hewan kurban ini mana yang lebih utama? Para ulama berbeda pendapat tentang jenis hewan paling utama untuk dikurbankan Idul Adha. Imam Abu Hanifah, Imam Syafii, dan Imam Ahmad berpendapat, hewan kurban terbaik adalah seekor unta, seekor sapi, dan seekor kambing atau domba. Itu berdasarkan urutan. Semua hewan ini diqurbankan secara sendirian atau tidak dengan sum-sum (kongsi).

Advertisement

“Siapa yang mandi janabah pada Jumat, kemudian berangkat ke masjid, maka seolah-olah dia berkurban seekor unta. Siapa yang berangkat di waktu kedua maka seolah-olah dia menyembelih seekor sapi. Siapa yang berangkat di waktu ketiga, seolah-olah ia menyembelih seekor kambing,” bunyi hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Sementara itu, mazhab Maliki berpendapat berkurban hewan kurban seekor kambing/domba lebih baik daripada berqurban seekor unta maupun sapi.

Baca: Mengapa Harus Ada Kotak Infak Anak Yatim? Idealnya, Mesjid Berdaya Menghasilkan untuk Umat

“Nabi SAW menyembelih 2 ekor domba jantan yang bertanduk besar, beliau membaca tasmiyah dan bertakbir (ketika menyembelih),” bunyi hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Dalam kitab Al Majmu Syarah Al Muhadzzab, disebutkan bahwa Rasulullah SAW berkurban dengan dua ekor domba jantan itu. Dalam kitab itu juga dijelaskan, bahwa Nabi Muhammad ingin menyampaikan soal bolehnya berqurban dengan jenis kambing atau domba.

Alasan lainnya, kemungkinan saat itu Nabi SAW belum memiliki harta yang cukup untuk menyembelih unta atau sapi. Lantas pendapat mana yang lebih kuat? Mengutip republika.co.id, Ustadz Azizan mengatakan, pendapat jumhur ulama, yaitu menyembelih seekor unta sendirian itu lebih utama.

“Jika tak mampu maka yang utama adalah berqurban seekor sapi sendirian. Dan jika tak mampu, yang utama menyembelih seekor kambing atau domba,” katanya. (bpc2)