Catatan 23 Oktober: Kelahiran Arifin Achmad, Orang Riau Pertama Jadi Jenderal dan Gubernur

Jumat, 23 Oktober 2020 05:01
Catatan 23 Oktober: Kelahiran Arifin Achmad, Orang Riau Pertama Jadi Jenderal dan Gubernur

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sejarah mencatat Arifin Achmad sebagai putera Riau pertama yang berhasil mencapai pangkat jenderal, yakni Brigadir Jenderal di TNI.

Kemudian, sejarah juga mencatat bahwa Arifin Achmad adalah gubernur pertama yang merupakan putera asli daerah Riau (1966-1978).

Advertisement

Arifin Achmad lahir di Bagan Siapiapi, 23 Oktober 1924. Ibunya bernama Hi Cik binti Tahir, sedangkan ayahnya bernama Ahmad Melan.

Masa kecil Arifin Achmad lebih banyak dihabiskan di Selat Panjang, Kepulauan Meranti. Hal ini karena ayahnya, Ahmad Melan adalah seorang pedagang yang menguasai banyak kapal.

Baca: Bagi Orang Beriman, Corona Itu Ujian

Karir militernya dimulai dari latihan militer oleh Jepang di tahun 1943. Kemudian, di Badan Keamanan Rakyat (BKR), pangkatnya sudah mayor.

Karir militer Arifin Achmad terus berkembang, sehingga mencapai pangkat Brigjen TNI. Tahun 1966, dia diperbantukan ke sipil, dan diangkat menjadi Gubernur Riau.

Selama menjadi Gubernur Riau, ada banyak pembangunan yang bisa dirasakan sampai saat ini. Seperti Jembatan Leighton, Jembatan Rantau Berangin, hingga kantor Gubernur Riau. (bpc4)