Catatan 11 Agustus: Kelahiran Noordin M Top, Si Teroris Top Asal Malaysia

Selasa, 11 Agustus 2020 07:00
Catatan 11 Agustus: Kelahiran Noordin M Top, Si Teroris Top Asal Malaysia
Poster pencarian Noordin M Top. (Foto: net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Noordin M Top adalah salah satu teroris paling licin dalam sejarah Indonesia. Dia berkali-kali mampu lolos dari kejaran Densus 88 Anti Teror.

Noordin lahir di Kluang, Johor, Malaysia, pada 11 Agustus 1968.

Advertisement

‘Prestasi’ Noordin M Top sebagai teroris top di Indonesia juga bukan main-main. Dilansir dari tirto.id, dia dianggap bertanggung jawab atas serangkaian aksi teror besar di Indonesia.

Mulai dari Bom Bali 2002, Bom JW Marriot 2003, Bom Kedutaan Besar Australia pada tahun 2004, serta Bom JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta, 17 Juli 2009.

Baca: Mereka berkata tentang Dr. Yusuf Al Qaradawi

Karena dianggap sangat berbahaya, FBI bahkan menempatkan Noordin M Top sebagai buronan nomor tiga paling dicari. Dia juga diburu oleh Densus 88.

Pada 9 November 2005, dalam penyergapan di Batu, Malang, polisi berhasil menewaskan Dr Azhari, sang pembuat bom jenius. Namun, Noordin dapat melarikan diri.

Tahun 2007, di Waleri, Kendal, polisi juga sempat memojokkan teroris licin dan cerdas ini. Namun, lagi-lagi dia mampu meloloskan diri.

8 Agustus 2009, Densus 88 kembali memojokkan dirinya. Noordin kemudian dinyatakan tewas.

Namun, empat hari berselang, polisi mengumumkan jika yang tewas ternyata bukan Noordin, melainkan orang lain. Noordin lolos lagi.

Kelihaian Noordin M Top akhirnya terhenti pada 17 September 2009 di Kampung Kepuhsari, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Surakarta. Dalam suatu penyergapan, polisi berhasil menewaskan gembong teroris yang paling lihai ini. (bpc4)