Single Investor Identification (SID), Bukti Anda Seorang Investor?

Sabtu, 13 Juni 2020 07:12
Single Investor Identification (SID), Bukti Anda Seorang Investor?
SID

BERTUAHPOS.COM – Sejak tahun 2011 lalu, pemerintah mulai memberlakukan sistem Single Investor Identification atau disingkat SID. Pemberlakukan SID ini diharapkan mampu mendata jumlah investor secara akurat, dan tentu berbagai manfaatnya.

Meski hingga saat ini, banyak pihak mengatakan sistem yang digadang-gadang mampu menjadi portal database investor tersebut belum optimal, namun tetap memberi manfaat. SID pada awalnya hanya diberlakukan untuk investor saham saja, namun investor reksadana baru mulai diberlakukan pada tahun 2015.
Lalu apa sebenarnya Single Investor Identification itu?

Advertisement

“Single Investor Identification atau SID merupakan identitas tunggal investor yang digunakan untuk melakukan aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari transaksi hingga penyelesaiannya. Siapa yang menerbitkan kartu SID itu? Kartu identitas tunggal investor ini diterbitkan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI),” ujar Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Riau Emon Sulaeman kepada BertuahPos.com

Secara fisik, identitas tunggal investor berupa kartu yang di dalamnya tercantum deretan nomor, nama investor, dan masa berlaku atau kadaluarsa kartu. Nomor Single Investor Identification terdiri dari 13 digit yang memadukan kode huruf dan angka, di mana dari deretan nomor tersebut terbagi menjadi lima bagian.

Baca: Siap-siap diterjang kenaikan harga

Belakangan, kartu SID tidak lagi diterbitkan dalam bentuk fisik. Tetapi kartu SID diberikan dalam bentuk digital atau elektronik. “Ya, sekarang dalam bentu elektronik,” jelas Emon.

Manfaatnya cukup beragam, diantaranya untuk memonitor seluruh aktivitas aset maupun portofolio Anda. Baik portofolio Anda berada di sekuritas Mandiri, BCA, BNI dan berbagai sekuritas lainnya, dan entah itu saham, reksadana, obligasi dan lainnya. Dengan mengakses SID, Anda dapat melihat secara keseluruhan.

Jadi, Single Investor Identification atau SID atau Nomor ID investasi adalah nomor bukti bahwa seseorang resmi terdaftar sebagai investor pasar modal dan menjadi salah satu syarat utama untuk kamu berinvestasi Surat Berharga Negara. Sudahkah Anda punya? (*)

Berita Terkini

Rabu, 02 Desember 2020 17:35

Jokowi, Antara Optimis dan Warning Covid-19

#jokowi #covid #corona

Rabu, 02 Desember 2020 16:39

Jubir Covid-19 Riau: Kami Sadar Ada Kejenuhan Masyarakat

#corona #covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 15:30

Biaya Investasi di Indonesia Mahal

#investasi #biayainvestasi

Rabu, 02 Desember 2020 15:15

Kisah Nek Mitun yang Harus Tetap Bekerja di Usia Senja

#act #kemanusiaan #ekonomi

Rabu, 02 Desember 2020 14:30

Fojuri Gelar Diskusi Virtual ‘Tantangan Industri Asuransi di Masa Pandemi’

#asuransi #indrustrikeuangan #ojk

Rabu, 02 Desember 2020 14:19

Tekanan Ekonomi, Masyarakat akan Memilih Karena Uang?

#PILKADA

Rabu, 02 Desember 2020 13:45

4.000 Lebih Orang di Pekanbaru Positif HIV/AIDS

#haiv/aids #riau #pekanbaru