Optimalisasi dan Eksplorasi Sumur Baru, Riau Yakin Lifting Migas Blok Rokan Bisa Tembus 300 Ribu Barel Per Hari

Jumat, 13 November 2020 14:09
Optimalisasi dan Eksplorasi Sumur Baru, Riau Yakin Lifting Migas Blok Rokan Bisa Tembus 300 Ribu Barel Per Hari
Ilustasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Upaya optimalisasi dan eksplorasi terhadap sumur-sumur baru di kawasan Balok Rokan diyakini akan kembali angkat lifting Migas di Balok Rokan. Bahkan saat alih fungsi pengelolaan dari PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) ke PT Pertamina (Persero) efektif berjalan, Agustus 2021 mendatang.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengungkapkan saat ini target lifting Migas di Blok Rokan hanya 175 ribu barel per hari. Target lifting akan naik menjadi 3000 barel per hari, saat alih fungsi pengelolaan Blok Rokan resmi di pegang PT Pertamina di tahun mendatang.

Advertisement

“Kenaikan target lifting itu seiring dengan rencana dari PT Pertamina Hulu Rokan untuk melakukan optimalisasi terhadap sumur-sumur minyak di wilayah kerja Blok Rokan yang selama ini masih belum tergarap maksimal oleh Chevron,” kata Indra, Jumat, 13 November 2020 di Pekanbaru.

Dia menuturkan, hal lain yang akan menunjang kenaikan target lifting di Blok Rokan, yakni adanya kegiatan-kegiatan eksplorasi terhadap sumur-sumur baru di kawasan Blok Rokan. Jika kegiatan ini berjalan sesuai rencana, lifting Migas khusus Blok Rokan diyakini mampu menyentuh angka 3000 barel per hari.

Baca: Kehabisan Baterai Ponsel? Cukup Teriak Saja!

Menurut Indra Agus Lukman, memang target itu sulit akan dicapai dalam jangka waktu pendek (setahun kinerja). Target ini akan diupayakan bisa tercapai secara bertahap, seiring dengan adanya kegiatan eksplorasi, dan pemanfaatan teknologi oleh perusahaan plat merah itu.

“Kalau sudah eksplorasi sumur baru, insyaallah target 300 ribu BOPD dalam dua tahun tercapai, paling lama 4 tahun lah,” ujarnya. 

Selain itu, ujar Indra Agus Lukman, salah satu tantangan besar yakni membuktikan paradigma para pakar Migas yang sebelumnya yakin bahwa lifting Migas di Blok Rokan akan turun jika sumur minyak ini kelola oleh PT Pertamina (Persero).

“Jadi kita juga berupaya untuk merubah image dan pandangan dari pakar-pakar migas yang bilang bahwa ketika Pertamina mengambil alih Blok Rokan lifting kita turun. Oleh karenanya, kita dari Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen dan mendorong agar Pertamina bisa lebih baik dari Chevron,” katanya. (bpc2)

Berita Terkini

Selasa, 01 Desember 2020 18:04

Berikut Ini Daftar Kepala Dinas dan Biro di Provinsi Riau yang Terpapar Covid-19

#dinas #riau #pemprov #corona

Selasa, 01 Desember 2020 16:10

Positif Covid-19, Syamsuar Punya Riwayat Hipertensi

#syamsuar #gubri #positifcorona

Selasa, 01 Desember 2020 15:21

Siapun Ada Kontak dengan Syamsuar Saat Paripurna di DPRD, Mohon Segera Swab

#gubri #syamsuar #covid #corona

Selasa, 01 Desember 2020 15:02

Mulai Sore Kemarin Syamsuar Mengeluh Tak Enak Badan

#syamsuar #gubri #positifcorona

Selasa, 01 Desember 2020 14:39

Positif Covid-19, Gubri dan Istri Dirawat di Rumah Sakit dalam Satu Ruangan

#syamsaur #positifcorona #covid #coronadiriau

Selasa, 01 Desember 2020 14:01

Negara Terkunci Negara? Tentu Saja Ada

#NEGARA

Selasa, 01 Desember 2020 13:32

Bulog Diminta Jamin Stok Bahan Pokok Saat Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2021

#bapok #bulog #riau #tahunbaru2021

Selasa, 01 Desember 2020 12:05

Gubri Syamsuar Diduga Positif Covid-19, Satgas Belum Bicara

#syamsuar #covid-19 #riau #gubri