113 Izin Alih Fungsi Blok Rokan Dikebut Jelang Agustus 2021

Minggu, 07 Maret 2021 15:34
113 Izin Alih Fungsi Blok Rokan Dikebut Jelang Agustus 2021
Ilustrasi pompa minyak.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — PT Pertamina Hulu Rokan menyatakan komitmen untuk selesaikan 113 perizinan sebagai bagian dari alih fungsi kelola wilayah kerja Blok Rokan, Riau, dari PT Chevron Pacifik Indonesia [CPI] 9 Agustus 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Divisi Formalitas SKK Migas Didik Sasono Setyadi dalam keterangan resminya, Minggu, 7 Maret 2021. “Kami berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah dalam proses perizinan alih kelola Rokan,” ungkapnya.

Advertisement

Dia menambahkan kelancaran transisi operasional Blok Rokan memberikan dampak yang besar, terutama terhadap penerimaan negara.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap rencana ini diharapkan turun membantu dalam upaya penyelesaian perizinan dan administrasi lainnya.

Baca: Amphuri: Ratusan Ribu Tenaga Kerja Terancam Jika Dua Unicorn Masuk Bisnis Umroh

BACA JUGA:  Chevron Kembali Bor Minyak di Blok Rokan Jelang Kontrak Habis

Didik mengatakan, SKK Migas berharap poses perizinan alih kelola berjalan lancar dan kegiatan operasi tak terganggu.

Pjs Kepala SKK Migas Perwakilan Sumatra Bagian Utara Haryanto Syafri, meminta kepada semua pihak yang terkait dengan proses perizinan alih kelola tersebut menyamakan persepsi dan memperkuat energi untuk saling memahami dan mengerti.

“Ini adalah kegiatan yang mesti berkelanjutan, tidak dapat dihentikan, dan kita akan tetap comply pada semua peraturan dan ketentuan,” kata Haryanto.

Pengurusan izin akan mulai diproses dengan memenuhi semua kelengkapan administrasi dan diharapkan berlaku mulai tanggal 9 agustus 2021.

Adapun izin yang saat ini masih dikelola PT Chevon Pacific Indonesia tetap dapat digunakan sampai batas waktu masa berlakunya sebelum nantinya diperbarui Pertamina Hulu Rokan.

BACA JUGA:  Pertamina Tak Lagi Jual Premium dan Pertalite, Said Didu: Jalan Pintas Jadi Pedagang BMM Luar Negeri

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau Helmi D mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh upaya untuk kelancaran peralihan pengelolaan Blok Rokan.

“Kami bersama pemerintah kabupaten dan kota akan melakukan percepatan bagaimana alih fungsi dan perubahan perizinan ini dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga nantinya 9 Agustus tidak kendala yang menghambat,” kata Helmi.

Dia menambahkan, Pertamina Hulu Migas diminta untuk tetap menjalin komunikasi yang intens dalam rangka harmonisasi perizinan yang akan dilakukan.

Berdasarkan hasil rembuk bersama dengan semua pemangku kepentingan dalam FGD sebelumnya, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting.

Pertama, inventarisasi semua izin perlu dilakukan secara komprehensif.

BACA JUGA:  Optimalisasi dan Eksplorasi Sumur Baru, Riau Yakin Lifting Migas Blok Rokan Bisa Tembus 300 Ribu Barel Per Hari

Kedua, pengurusan izin lingkungan dan AMDAL yang dikeluarkan oleh KLHK sebagai dasar dari perizinan lingkungan lainnya yang menjadi kewenangan instansi daerah.

Ketiga, diperlukan pernyataan bahwa Pertamina Hulu Rokan adalah penanggungjawab atas operasi Wilayah Kerja Rokan setelah 9 Agustus 2021 sesuai dengan kontrak bagi hasilnya.

Keempat, pemerintah daerah akan memberikan dukungannya untuk percepatan proses perizinan alih kelola wilayah kerja Rokan dalam bentuk penyesuaian izin terkait.

Kelima, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, dan pemerintah provinsi menegaskan bahwa perizinan yang berlaku saat ini akan tetap berlaku sampai dengan perizinan tersebut berakhir.

Keenam, agar diperhatikan turunan Undang-Undang Cipta Kerja yakni Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 19 April 2021 21:31

Akan Punya Bursa Mata Uang Kripto, Ini Kata Bappebti

Mata Uang Kripto

Senin, 19 April 2021 20:30

Demokrat Tolak Jatah Menteri Jika Jokowi Jadi Reshuffle Kabinet

Sikap Demokrat Tetap Dioposisi

Senin, 19 April 2021 19:51

Sinyal dari Ustaz Yusuf Mansur, Witjaksono Akan Jadi Menteri Investasi

Klaim Calon Menteri Investasi

Senin, 19 April 2021 19:30

Bengkalis Disunting Ratusan Miliar Dana dari BRGM

BRGM, Bengkalis

Senin, 19 April 2021 18:23

Sidang Korupsi, Yan Prana Sebut Pemotongan SPPD Usulan Dona Fitria

Sidang Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:33

Sidang Korupsi Yan Prana, Lima Saksi Ngaku Keberatan SPPD Dipotong 10%

Sidang Korupsi Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:02

Pelatih Tottenham Jose Mourinho Dipecat

Tottenham menyisakan 6 laga di Liga Inggris

Senin, 19 April 2021 16:22

Kasus Positif Covid-19 di Riau Kian Meningkat, Ini Penekanan Syamsuar untuk Daerah

Beberapa Poin Penekanan Gubri dalam Penanganan Covid-19

Senin, 19 April 2021 15:14

Resep Es Krim Rujak, Hidangan Segar Saat Berbuka Puasa

resep hidangan buka puasa