Waspada Penipuan Menemukan Dompet di SPBU, Begini Modusnya

Selasa, 08 Juni 2021 06:32
Waspada Penipuan Menemukan Dompet di SPBU, Begini Modusnya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Aksi penipuan dengan berbagai cara dan modus masih terus terjadi. Salah satunya dengan modus menemukan dompet di SPBU.

Salah satu warga Pekanbaru bernama Juni mengaku sempat mendapatkan telepon penipuan dengan modus menemukan dompet di SPBU ini.

Advertisement

Diceritakan Juni, pada Senin, 7 Juni 2021 malam, dirinya mendapatkan telepon dari nomor asing. Saat dijawab, sang penelpon bertingkah sok akrab.

“Saya tanya ini siapa, tidak dijawab, tapi malah bertanya balik dan mengatakan mengapa nomornya tidak disimpan,” kata Juni.

Baca: Covid-19 di Kuansing Mengkhawatirkan, Disiplin Protkes Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Juni kemudian disuruh menebak dari suara si penelpon. Karena heran, Juni kemudian menyebutkan salah satu nama temannya.

BACA JUGA:  Awas, Honorer Jangan Sampai Ketipu Pengangkatan PNS

“Lalu si penipu bilang iya. Padahal saya asal sebut saja,” lanjut Juni.

Penelpon penipu ini kemudian mengatakan dirinya berada di SPBU, dan saat ke toilet, menemukan dompet tanpa kartu identitas.

Diceritakan penipu, dompet tersebut berisikan uang tunai Rp8,4 juta, dan perhiasan 25 gram lengkap dengan suratnya.

Lalu, si penipu mengatakan bahwa dirinya ingin mengambil semua isi dompet, sayangnya ketahuan seseorang saat mengambilnya.

“Lalu penipu meminta saya pura-pura menjadi adiknya, dan mengatakan itu dompet saya. Nanti isi dompet dibagi dua,” kata Juni.

Si penipu kemudian menyerahkan telepon ke seseorang, dan seolah-olah orang tersebutlah yang memergoki si penipu saat mengambil dompet.

“Dia bilang, kalau mau ambil dompetnya, kirim sejumlah uang ke rekening ini. Saya yang dari awal sudah tahu ini penipuan, bilang iya-iya saja,” lanjut Juni.

BACA JUGA:  Terdakwa Penipuan Rp3 Miliar tak Ditahan

Karena merasa Juni ogah-ogahan dan mengulur waktu, si penipu akhirnya mematikan sambungan telepon begitu saja.

“Saran saya kepada masyarakat, waspada saja. Jangan langsung percaya nomor baru, apalagi langsung sok akrab tanpa menyebutkan namanya. Bisa saja penipu,” pesan Juni.

Salah satu nomor penipuan tersebut adalah berikut ini: +6281211279876. (bpc4)