Syamsuar Nasehati Mahasiswa Riau yang Kuliah di Jogja

Minggu, 27 Juni 2021 12:16
Syamsuar Nasehati Mahasiswa Riau yang Kuliah di Jogja
Gubernur Riau Syamsuar. (Diskominfotik)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar memberi nasehat kepada para mahasiswa Riau yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta (IPRY). Nasehat ini dia berikan tidak lebih seperti nasehat orang tua pada anaknya.

“Harapan saya, tentu prioritaskan dulu pendidikan bagaimana bisa selesai dengan cepat dan sukses dalam hal akademik,” katanya saat membuka pelantikan IPRY pada Sabtu, 26 Juni 2021 di Aula Asrama Haji Riau, di Pekanbaru.

Menyelesaikan studi dan berprestasi dalam hal akademik adalah amanah orang tua. Selanjutnya barukan berkaitan dengan hal organisasi.

Sebagai calon pemimpin bangsa, kata Syamsuar, organisasi merupakan bagian untuk latih diri agar bisa bertanggung jawab mengemban amanah. Hal ini juga penting agar para mahasiswa tidak canggung saat turun ke masyarakat.

Baca: Kuansing Raih 10 Kali Opini WTP, Bupati Andi Putra Terima Penghargaan dari BPK RI Perwakilan Riau

Meski demikian, hidup di rantau tidak mudah. Apalagi Jogja, tempat berkumpul seluruh orang dari berbagai daerah lain di Indonesia. Sebab itu, capaian keberhasilan tergantung pada diri sendiri, bukan pada orang lain.

“Sebab bagaimanapun jika kita mau maju kita mau berhasil tergantung pada diri kita sendiri,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dia mendorong agar para mahasiswa menyadari bahwa hidup di perantauan sejatinya untuk belajar banyak hal dari berbagai hal termasuk di organisasi.

“Kalian nanti yang kuliah di Jogja jangan hanya sekedar kuliah saja tapi tidak dapat mengambil bagaimana hebatnya orang Jogja dengan usaha yang ada disana,” sebutnya. (bpc2)