PBB: Ancaman ISIS Terhadap Keamanan Global Meningkat

Jumat, 20 Agustus 2021 10:15
PBB: Ancaman ISIS Terhadap Keamanan Global Meningkat
ISIS (ilustrasi/net)

BERTUAHPOS.COM — Ancaman ISIS terhadap keamanan global semakin meningkat. Begitu laporan terbaru dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Hal ini menunjukkan bahwa perluasan afiliasi ISIS kian mengkhawatirkan, terutama di Afrika dan fokus pada kembalinya kelompok yang sebelumnya menyatakan diri sebagai khilafah di Suriah dan Irak itu.

Wakil Sekjen PBB untuk urusan kontra – terorisme — dalam laporan itu — menyampaikan bahwa ISIS telah memperluas kehadirannya di Afghanistan.

“Kita perlu memastikan Afghanistan tidak akan lagi digunakan sebagai tempat bersarangnya terorisme global,” katanya dikutip dari VOA Indonesia.

Baca: Beredar Tae-yong Jadi Komentator Sepakbola, PSSI: Jangan Main-Main

Laporan kepada Dewan Keamanan PBB itu menjelaskan ISIS dan kelompok teroris lainnya memperoleh keuntungan dari sejumlah “gangguan, kemalangan dan kemunduran dalam pembangunan” yang disebabkan pandemi COVID-19, baik di lapangan maupun daring.

Sementara beberapa lockdown di daerah – daerah yang tidak mengalami konflik menekan aktivitas teroris, di sejumlah daerah konflik di mana aturan pembatasan pandemi kurang berdampak, ancaman ISIS sekarang “mengalami peningkatan,” kata Vladimir Voronkov, Wakil Sekjen PBB untuk urusan kontra-terorisme dalam penjelasannya kepada Dewan Keamanan. (bpc2)