Tingkat Keterisian Tempat Tidur di RSUD Arifin Achmad Turun, Apakah Penyebaran Covid-19 di Riau Membaik?

Jumat, 20 Agustus 2021 11:10
Tingkat Keterisian Tempat Tidur di RSUD Arifin Achmad Turun, Apakah Penyebaran Covid-19 di Riau Membaik?
RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad mengalami penurunan signifikan. Lantas apakah ini tanda – tanda pemerintah berhasil menekan angka penyebaran Covid-19 di Riau?

Menurut data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, penurunan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit itu hingga 65%. Sedangkan untuk ruang ICU BOR nya masih tinggi yakni 79%. Saat ini hanya tersisa 4 tempat tidur lagi di ruang ICU untuk pasien Covid-19. 

Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi mengungkapkan turunnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit pemerintah itu, sejalan dengan menurunnya angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau, “Terutama sejak beberapa hari terakhir,” ungkapnya.

Selain itu, jumlah pasien Covid-19 yang sebelumnya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit juga sudah membaik dan diperbolehkan pulang. Kondisi ini membuat tak adanya penumpukan pasien seperti yang terjadi sebelumnya.

Baca: Luas Kebun Sawit di Riau Menurut Data Tahun 2020

RSUD Arifin Achmad adalah rumah sakit rujukan di Riau. Kondisi terkini yang terjadi di rumah sakit itu menjadi patokan untuk semua rumah sakit di setiap kabupaten/kota. “Jika BOR di RSUD Arifin Achmad turun, maka BOR di semua RS kabupaten/kota juga terun,” tuturnya. (bpc2)