Lansia Disiplin Pakai Masker, Sekda Siak: Ini Jadi Teladan

Minggu, 15 Agustus 2021 15:58
Lansia Disiplin Pakai Masker, Sekda Siak: Ini Jadi Teladan

BERTUAHPOS.COM – Langkah kaki Sekda Siak Arfan Usman dan Asisten Administrasi Umum Setda kabupaten Siak Jamaluddin terhenti, saat hendak menuju pasar pagi Sri Kualo kecamatan Sungai Apit. Karena melihat ibu lansia duduk memakai masker menghadap ke arah jalan, di depan salah satu ruko yang menjual pakaian, yang tidak jauh jaraknya dari pasar.

Lalu ia menyapa Halimah Nor (65) tahun, Apa kabar bu? Sehatkan bu? Ibu limah dengan nada senang menjawab, “Alhamdulillah, sehat” Kemudian Arfan mengapresiasi Halimah meski lanjut usia namun ia sadar akan bahaya Covid-19 salah satu cara mengatasinya dengan memakai masker dan menerapkan prokes.

“Kami apresiasi ibu Halimah Nor yang disiplin protokol kesehatan, meski sudah lansia masih mau memakai masker. Harapan kami ibu ini bisa menjadi teladan bagi masyarakat lainnya, khususnya yang muda-muda agar disiplin protokol kesehatan,” ujar Arfan, di Sungai Apit, Sabtu (14/8/2021).

Dialog singkat itu, Halimah sempat bertanya, kenapa ramai orang dan bayak mobil dinas ke pasar. Lalu Arfan menjelaskan kehadirannya di pasar Sungai Apit ingin mengingatkan warga, tentang protokol kesehatan dan sosialisasi PPKM Level 4 di kabupaten Siak.

Baca: Pemilu Serentak 2024, KPU Kaji Penggunaan Satu Lembar Surat Suara

“Kami kesini ingin memberikan pemahaman kepada warga, agar disiplin dan menerapkan lima M pertama mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Ibu, kami mohon jika keluar rumah pakai masker ya, karena sekarang daerah kita masuk zona merah, tingkat penularan Covid meningkat,” ucapnya.

Asisten ADM Umum Jamaluddin juga berpesan jaga kesehatan, pakai masker dan hindari kerumunan. Karena virus ini sangat berbahaya termasuk virus farian delta dari India. “Saya salut sama ibu ini, kalau umur kategorinya ibu lansia. Yang rentan tertular virus Corona, untuk menjaga terhindar dari wabah ini, jangan lupa sering cuci tangan ya,” tutupnya. Monitoring yang dilaksanakan juga di ikuti oleh Kakan Satpol, Camat Sungai Apit, Satgas Covid-19 kabupaten dan Kecamatan Sungai Apit. (infotorial)