11 Ribu Mahasiswa di Wuhan yang Wisuda Berkumpul Tanpa Harus Pakai Masker

Kamis, 17 Juni 2021 09:41
11 Ribu Mahasiswa di Wuhan yang Wisuda Berkumpul Tanpa Harus Pakai Masker
Acara wisuda di Wuhan. (Reuters)

BERTUAHPOS.COM Diperkirakan ada 11 ribu mahasiswa calon serjana di Wuhan, China, menghadiri sebuah upacara kelulusan atau wisuda. Hal ini menandakan bahwa Wuhan —- daerah asal mula virus corona (Covid-19) menyebar —- telah benar – benar terbebas dari virus itu.

Para calon serjana ini merayakan kelulusan mereka di Universitas di Wuhan pada Minggu pekan lalu, di suatu tempat. Mereka terlihat duduk berjejer di kursi tanpa jarak dan tidak mengenakan masker

Wisuda langsung ini yang pertama digelar sejak pandemi virus corona muncul dan menyebar dari Wuhan sekitar akhir 2019 lalu.

“Menyambut para lulusan 2020 kembali ke rumah. Semoga masa depan Anda cerah,” tulis sebuah slogan di stadium Wuhan seperti dikutip AFP, Kamis, 17 Juni 2021. Lebih dari 2.200 calon sarjana yang ikut upacara kelulusan tahun ini adalah yang tidak dapat menghadiri wisuda tahun lalu karena pembatasan virus corona.

Baca: MU Gagal Raih Trofi Europa League, Rashford Jadi Korban Rasisme

BACA JUGA:  Berlaku Mulai Hari Ini, RS Prima Berlakukan Larangan Jenguk Pasien

Salah satu keunggulan mereka dalam menangani virus corona, yakni melakukan lockdown ketat sejak awal vorus corona menyebar. Penguncian wilayah bahkan dilakukan hingga April 2020 lalu.

Setelahnya, Wuhan kembali dibukan secara bertahap dengan tetap menjaga komitmen untuk menekan angka kasus penularan dengan pembatasan ketat, sistem karantina, dan vaksinasi massal. (bpc2)