Lebanon Bantah Krisis Pangan, ‘Cadangan Tepung Terigu Kami Cukup untuk 4 Bulan Kedepan’

Rabu, 12 Agustus 2020 16:58
Lebanon Bantah Krisis Pangan, ‘Cadangan Tepung Terigu Kami Cukup untuk 4 Bulan Kedepan’

BERTUAHPOS.COM — Menteri Ekonomi Lebanon Raoul Rahme membantah bahwa negaranya kini dihadapkan pada Krisis pangan. “Saat ini kami masih memiliki 32 ribu ton tepung terigu selain 110 ribu ton yang akan didatangkan dalam beberapa hari kedepan,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, dengan ketersediaan yang ada, maka jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam 4 bulan kedepan. 

Advertisement

Program Pangan Dunia juga sedang mengirim 17.000 ton tepung terigu sebagai pengiriman awal dari 50.000 ton yang direncanakan. Laporan PBB pada Selasa menyebutkan Lebanon hanya mempunyai pasokan selama enam pekan. “Kami tidak mengalami krisis pasokan atau krisis roti!” katanya.

Sebelumnya, Reuters melaporkan pada pemerintah Lebanon, tidak seperti banyak negara yang bergantung pada impor gandum, tidak mempunyai cadangan biji-bijian yang strategis, dan seluruh persediaan milik swasta disimpan di gudang gandum Beirut hancur dalam ledakan yang mengguncang Beirut pada 4 Agustus.

Baca: Gubri Isyaratkan Akan Ada Mutasi ke Dua

Nehme mengatakan kementeriannya berencana membuat cadangan pemerintah 40.000 ton gandum, tetapi niat tersebut tidak terwujud sebelum ledakan terjadi. Pemerintah Lebanon pada Senin membubarkan diri tetapi Presiden Michel Aoun meminta pemerintah agar tetap dalam kapasitas sebagai pengemban sampai kabinet baru terbentuk. (bpc2)