70% Lebih Kualitas Sound System Mesjid Buruk

Jumat, 24 Juli 2020 18:41
70% Lebih Kualitas Sound System Mesjid Buruk
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dewan Mesjid Indonesian (DMI) menyatakan bahwa 75% kualitas sound system mesjid secara nasional buruk. DMI berencana akan memperbaiki pengeras suara di mesjid-mesjid.

“75% masjid di Indonesia jelek. Tidak bisa didengarkan,” kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, mengutip serambinews.com, Jumat, 24 Juli 2020.

Advertisement

Dia menyebut rencana perbaikan sound system ini bertujuan agar masyarakat dan majlis pertemuan di mesjid bisa mendengarkan ilmu dan ajakan kumandang azan dengan jelas.

JK menyebut setelah berkeliling Indonesia, dia mengambil kesimpulan dasar bahwa hampir 80% orang di mesjid itu mendengarkan dan 10% beribadah. Apalagi menurutnya, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia tersambung dengan seluruh sound system dari 800.000-900.000 masjid dan musala sepanjang hari.

Baca: Catatan Bagus Wasito, Pasien Positif Corona di Madinah (Bagian 1)

“Azan tersambung dari Sabang sampai Merauke. Awalnya orang adzan di Papua, kemudian lanjut ke Maluku, Sulawesi, Jawa, Sumatera, itu tidak pernah terputus,” kata dia. Dengan kualitas sound system yang bagus, dia pun berharap masyarakat mendapat kemakmuran dari masjid.

“Jadi kita datang ke masjid bukan cuma ibadah, mendengarkan khutbah tapi bagaimana meningkatkan pengetahuan, mendorong bagaimana masjid itu dapat memajukan masyarakat, meningkatkan jemaahnya,” kata dia. (bpc2)