Begini 2 ODGJ Positif COVID-19 di RSJ Tampan

Jumat, 24 Juli 2020 19:02
Begini 2 ODGJ Positif COVID-19 di RSJ Tampan
Penangan pasien positif COVID-19 – Foto: Reuters

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU –— Sebelumnya ada 2 orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan yang terkonfimasi positif COVID-19. Menurut Direktur Utama RSJ Tampan Haznelli Juwita, kedua pasien itu kini dalam kondisi stabil secara fisik.

Pasien ODGJ positif Covid19 tersebut sekarang dirawat di ruang isolasi oleh dokter paru di RSJ Tampan. Di RSJ Tampan, tersedia kamar untuk isolasi khsusu ODGJ dan non ODGJ. “Saat ini kedua pasien yang positif itu kondisinya membaik,” jelasnya, Jumat, 24 Juli 2020.

Advertisement

Dia mengatakan, untuk perawatan ODGJ positif COVID-19 berbeda dengan orang biasa, baik itu dari cara komunikasi dan kooperatifnya sangat berbeda-beda. Dimana, cara menggali atau menganalisa pasien atau ODGJ tersebut lebih dilakukan dengan keluarga terdekat. Namun ungkap Haznelli, sejauh ini pihaknya tidak ada kesulitan.

“Karena tim kita sudah biasa merawat orang dengan gangguan jiwa,” katanya. Memang ada kesulitan saat petugas kesehatan ingin memberikan obat kepada pasien tersebut. “Tapi kami punya kiat-kiat membujuk sehingga obat dapat diberikan kepada pasien bersangkutan,” jelanya. (bpc2)

Baca: Orang Tua Mahasiswa Protes Soal Karantina, Ini Penjelasan Kadiskes Riau