Komisi I DPRD Riau Terima Kunker dari Komisi I DPRD Bukittinggi

Jumat, 16 Juli 2021 15:18
Komisi I DPRD Riau Terima Kunker dari Komisi I DPRD Bukittinggi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Komisi I DPRD Riau menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, di ruang rapat Komisi I DPRD Provinsi Riau, Jumat 16 Juli 2021.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua DPRD Kota Bukittinggi Herman Sofyan, Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi Sabirin Rachmad serta Anggota Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial, Zulhamdi Nova Candra, Edison Katik, Dedi Fatria, Ali Zarman dan Arnis.

Kunjungan ini diterima Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Ustad Suhaidi didampingi Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Produk Hukum DPRD Provinsi Riau, Samto.

Herman Sofyan menjelaskan tujuan utama pihaknya untuk menggali informasi terkait peranan DPRD Provinsi Riau dalam mengelola adat yang ada.

Baca: RTRW Meranti Harus Disesuaikan dengan Kepentingan Masyarakat

Hal senada diungkapkan Sabirin Rachmad, pihaknya menyanjung tinggi apa yang ada di Provinsi Riau sebagai contoh di setiap rambu-rambu lalu lintas. Dimana Provinsi Riau menampilkan dua tulisan, yakni bahasa Indonesia dan tulisan arab melayu.

“Kami melihat begitu baik dan fokusnya pemerintah Riau dalam penerapan yang melekat pada adat. Bagaimana peran dan fungsi DPRD Provinsi Riau memberikan fasilitas kepada lembaga adat baik berupa fasilitas bentuk anggaran maupun kebijakan,” tuturnya.

Menanggapi hal itu Ustad Suhaidi menjelaskan peran DPRD dapat dilakukan melalui pokok-pokok pikiran DPRD dan upaya lainnya dengan mendukung lembaga-lembaga adat yang ada.

“Biasanya tidak merata namun ada sentral-sentral budaya yang menjadi perhatian khusus dan inilah yang di suport pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Riau,” jelas Ustad Suhaidi.

Lebih lanjut dijelaskan, secara kronologis, melihat secara berangsur-angsur adat di Kota Bukittinggi hanya tinggal simboliknya saja, sehingga harus ada perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih Riau dan Bukittinggi adatnya sudah hampir menyerupai.

“Saya fikir sangat bagus sekali kita kembangkan diskusi ini agar dijadikan satu agenda DPRD sehingga bisa berkolaborasi antar adat dan pemerintahan,” tutupnya. (ADV)

Berita Terkini

Sabtu, 25 September 2021 19:22

Disepakati Keluarga, Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan yang Diseret Buaya di Rohil

Pencarian Nelayan Rohil

Sabtu, 25 September 2021 19:15

Fitra Riau Soroti Sistem Politik Anggaran Pemko Pekanbaru yang Tak Sehat

Politik Anggaran, Fitra Riau

Sabtu, 25 September 2021 17:16

Kisah Joel Morrison Temukan Benda Aneh di Makam Berusia 100 Tahun

Lifestyle, Mistis, Horor

Sabtu, 25 September 2021 16:48

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 22

Sabtu, 25 September 2021 16:09

Video: Cerita Regi Faula Sari, Fisioterapi Tim Sepakbola PSPS Riau

PSPS Riau, Fisioterapi

Sabtu, 25 September 2021 15:12

Insiden di Lokasi IPAL, Ini Penjelasan Satker PUPR

IPAL Pekanbaru

Sabtu, 25 September 2021 14:16

Setahun Tol Permai Beroperasi, HK Catat 2 Juta Lebih Lalu Lintas Kendaraan

Setahun Tol Permai