Baliho Puan di Pekanbaru, PDIP Sebut Bukan untuk Pilpres, Pengamat: Sosialisasi lah, Apa Lagi?

Jumat, 16 Juli 2021 15:25
Baliho Puan di Pekanbaru, PDIP Sebut Bukan untuk Pilpres, Pengamat: Sosialisasi lah, Apa Lagi?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Baliho besar dengan wajah politisi PDIP Puan Maharani terpajang di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru. Seperti biasa, keberadaan baliho Puan juga dikaitkan dengan persiapan Pilpres Putri Megawati Soekarno Putri itu, walau PDIP Riau secara jelas membantah.

“Namun masyarakat umum tentu tidak serta merta percaya. Kalau kita merujuk pada pandangan umum untuk apa coba baliho Puan dipajang begitu saja, tanpa ada embel – embel politis atau Pilpres 2024 di belakangnya. Ya, untuk sosialisasi lah, apalagi,” kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau Aidil Haris, saat dihubungi Bertuahpos.com, Jumat, 16 Juli 2021.

Menurutnya, apa yang dilakukan PDIP juga sama dengan yang dilakukan Partai Golkar yang memajang wajah Airlangga Hartarto secara besar di pinggir jalan. Meski demikian, menurut Aidil, memang tak ada pelanggaran apapun dengan dipajangnya foto – foto tokoh politik melalui baliho besar itu.

“Ya, kalau kita merujuk ke aturan politik kan sah – sah aja, walau mereka bilang tak ada embel – embel Pilpres, tetap saja baliho Puan itu sebagai ‘bahasa perkenalan’ kalau kita tarik dalam komunikasi politik. Memperkuat brand image itu biasa lewat iklan, dan Pilpres ‘di belakangnya’ juga tak bisa kita pungkiri,” tambahnya.

Baca: Saat Megawati Bercerita Kehidupan Setelah Sang Ayah Dilengserkan

BACA JUGA:  Cuaca Riau Hari Ini, Pekanbaru Diguyur Hujan Siang ke Sore

Dia menambahkan, pola – pola seperti ini, biasanya akan diikuti dengan survei yang akan dilakukan oleh internal Parpol. Terutama sebuah survei yang mengarah pada popularitas. Intinya, seberapa kenal orang Riau dengan Puan Maharani. “Yang negerjain (survei) biasanya juga lembaga survei internal mereka,” sambungnya.

Menurut Aidil, masyarakat di Riau, khususnya di Pekanbaru sudah memiliki kepekaan dan pengalaman politik yang bagus. Dinamika politisasi yang dimainkan oleh aktor politik di daerah, secara tidak langsung telah memberikan kecerdasan politik masyarakat secara baik. Apalagi di Pekanbaru, yang saat ini menjadi barometer perpolitikan di Riau. 

Seperti diberitakan Bertuahpos.com sebelumnya, Kepala Bappilu PDIP Riau Syafarudin Poti mengatakan baliho Puan Maharani di Pekanbaru tak terkait dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Menurut dia, baliho Puan tersebut berisikan pesannya sebagai Ketua DPR RI. “Pesannya sebagai Ketua DPR RI, kepada perempuan di Riau. Bahwa kita bangga, perempuan menjadi Ketua DPR RI,” kata Poti kepada Bertuahpos.com, Jumat 16 Juli 2021.

Ditambahkan Poti, baliho Puan juga menimbulkan kebanggaan bagi PDIP Riau, bahwa kader mereka yang juga seorang perempuan bisa menjadi Ketua DPR RI. “Bukan (terkait Pilpres 2024). Sebagai ketua DPR RI,” pungkas dia.

Sebelumnya, baliho Ketua DPP PDIP, Puan Maharani terpampang di Pekanbaru. Salah satunya terletak di Jalan Jenderal Sudirman, di persimpangan dengan Jalan Imam Munandar. Dalam baliho Puan tersebut, disertai kalimat ‘Kepak Sayap Kebhinekaan’. Dalam baliho tersebut, Puan dituliskan sebagai Ketua DPR RI. Puan sendiri digadang-gadang maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Dukungan untuk Puan juga mengalir dari internal PDIP. (bpc3)

Berita Terkini

Jumat, 30 Juli 2021 18:13

Nelayan di Rohil Dapat Bantuan 30 Unit Rumah Panggung

Nelayan, Rohil

Jumat, 30 Juli 2021 17:05

Gubri Sebut Rumah Oksigen Bisa Tampung 200 Pasien Covid-19

Rumah Oksigen Riau

Jumat, 30 Juli 2021 16:03

Ha? Ada Tsunami di Indonesia Hari Ini?

Tsunami Indonesia

Jumat, 30 Juli 2021 15:30

Jokowi: Jangankan Lockdown, Semi Lockdown Saja Sudah Menjerit

Indonesia, Lockdown

Jumat, 30 Juli 2021 15:02

PPKM Level 4 di Pekanbaru Malah Bikin Warga Berkerumun di Tengah Jalan

PPKM Level 4 Pekanbaru

Jumat, 30 Juli 2021 14:15

Video: Pemprov Riau Diminta Segera Serahkan Draf APBD-P 2021

APBD-P Riau 2021

Jumat, 30 Juli 2021 13:30

Daerah Harusnya Bisa Gesa Realisasi Perlinsos dengan PMK Ini

PMK Perlinsos

Jumat, 30 Juli 2021 13:14

Hitung-Hitung Amalan Selama di Dunia

Islampedia

Jumat, 30 Juli 2021 12:36

Wagubri: Jaminan Kesehatan Adalah Hak Pekerja

Jaminan Kesehatan Pekerja