Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?

Sabtu, 26 November 2016 08:05
 Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?
foto/ilustrasi

"Tidak pernah puas". Begitulah sifat manusia. Dalam Al-Quran, Allah SWT pernah mengatakan. "Jika diberikan segunung emas kepada mereka (manusia), maka mereka akan minta lebih dari itu."

Cerita mistik yang muncul di balik fenomena penglaris dagang sudah menjadi rahasia umum. Namun untuk urusan percaya atau tidak kembalikanlah pada keyakinan masing-masing. Tentu saja kadar keimanan seseorang menjadi jaminan apakah bisa terpengaruh atau tidak.

Namun realita menyatakan itu nyata, meski tidak terlihat secara kasat mata. "Setan tidak akan berhenti menggoda manusia dengan rebagai macam kesenangan hingga manusi mengikutinya". Kalimat itu juga dijelaskan dalam kitab suci Al Quran.

Bicara soal penglaris, sudah pasti erat kaitanya dengan berdagang. Dalam sebuah riwayat, beberapa sumber menyebutkan yang paling terkenal dengan mitos penglaris ini di Gunung Kawi di daerah Jawa Timur.

Bahkan sampai mengikuti ritual-ritual tertentu, dari meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan. Tempat lain yang katanya juga banyak didatangi orang untuk mendapatkan penglaris adalah Gunung Kemukus di Jawa Tengah.

Fenomena penglaris biasanya berkaitan erat dengan dagang makanan. Anomali yang muncul di tengah publik, jika disutu tempat makan disebu konsumen dalam jumlah banyak, atau selalu ramai, maka persepsi tentang hal ini bermunculan.

Namun salahkah hal demikian. Tidak. Ada banyak kasus yang bisa menjelaskan hal ini secara logis. Dalam Al Quran juga dijaskan bahwa manusia dan jin, hidup secara berdampingan. Bahkan tidak sedikit kegiatan manusia yang menggunakan "jasa" jin atau mahluk tak kasat mata.

Pengertian Penglaris Dagangan disini ialah bentuk ikhtiar sebagai seorang Muslim supaya usaha atau dagangan laku dan dapat dibeli oleh para pembeli dan konsumen dengan benar. Dan berdoa, sebagai bentuk penghambaan diri terhadapketidak mampuan manusia dalam melakukan dan mendapatkan sesuatu. Beberapa ulama memang menyarakan kepda orang yang berprofesi sebagai pedagang hendaknya banyak berdoa dan berzikir.

Namun adakah cara lain yang dilakukan agar dagangan laris dengan mudah? Ada. Kehidupan masyarakat Indonesia khususnya, masih sangat dekat dengan dan percaya dengan ramalan-ramalan mistik. Zaman boleh modern, dunia boleh millenium, namun mitos tetaplah abadi dan tetap akan dipercaya sampai kapanpun.

Salah satu faktor penyebabnya yakni pengalaman yang terjadi diluar akan sehat, dan sulit dicerna dari akal fikiran.Namun hal itu benar adanya. Allah bahkan menyuruh umat untuk meyakini tentang hal yang gaib yang tertuah dalam Rukun Iman. Al Quran banyak bercerita tentang jin dan setan. Bersekutu dengan setan adalah perbuatan syirik.

Faktanya, hal ini benar adanya. Faktanya, ada manusia yang besekutu dengan jin dan setan. Faktanya, ada yang memanfaatkan "jasa" makhluk ini untuk mendapatkan keuntungan duniawi semata. dan Faktanya, penglaris itu bukan hanya sekedar mitos, walau sulit untuk dibuktikan dengan logis. Bukan hanya isapan jempol semata.

Dalam satu riwayat menyebutkan bahwa tempat dagang, misalnya saja rumah makan yang menggunakan penglaris dengan jasa jin dan syetan. Energi yang dikeluarkan makhluk seperti ini, adalah energi negatif. Jika termakan oleh orang dengan jiwa spiritual positif yang kuat biasanya akan mental. Dengan berbagai cara, bisa jadi makanan tersebut tidak enak. Atau mual-mual setelah makan. Bahkan muntah saat memakan makanan itu.

Terlepas dari semua itu Islam mengajarkan umatnya untuk selalu suci dalam melakukan apapun. Termasuk berdoa sebelum makan. Tujuannya tidak lain supaya terhindar dari godaan setan. "Allah tidak akan menurunkan segala sesuatu tanpa sebab." Itulan alasan utama mengapa selalu dianjurkan untuk berdoa sebelum makan. Termasuk hal lainnya.

Soal penglaris Makanan, Mitos Atau Fakta? siapa saja boleh berspekuliasi dan mempercayainya atau tidak. Namun kadar keimanan seseorang tentunya sangat menentukan cara sikap dan cara berfikir seseorang. Terlepas dari benar atau salah mengenai mitos penglaris makanan, boleh percaya, boleh tidak.

Penulis: Melba Ferry Fadly

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Terus Rugi dan NPL Tinggi, Alasan Bank DKI Tutup Cabang Pekanbaru
Rabu, 26 Juli 2017 17:30

Terus Rugi dan NPL Tinggi, Alasan Bank DKI Tutup Cabang Pekanbaru

Kenyataan pahit harus diterima Bank DKI cabang Pekanbaru. Akibat terus merugi dan Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet yang tinggi menjadi alasan cabang ini ditutup.

Inilah Pengakuan Pengelola Kim Teng Pasca Keracunan Makanan
Rabu, 26 Juli 2017 16:55

Inilah Pengakuan Pengelola Kim Teng Pasca Keracunan Makanan

Kasus keracunan makanan dari produk yang disajiakan Kedai Kopi Kim Teng membuat gempar. 

Bank DKI Tutup, OJK Riau: Kami Fokus Bantu Masalah Nasabah
Rabu, 26 Juli 2017 16:45

Bank DKI Tutup, OJK Riau: Kami Fokus Bantu Masalah Nasabah

Tutupnya Bank DKI di Pekanbaru memang mengejutkan banyak pihak. Selain di Pekanbaru, Bank DKI juga menutup empat kantor cabang lainnya terhitung 14 Agustus mendatang. 

Ini Kata BKD Riau Soal PNS Ikut HTI Dipecat
Rabu, 26 Juli 2017 16:35

Ini Kata BKD Riau Soal PNS Ikut HTI Dipecat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan surat edaran terkait keanggotaan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Tak Cantumkan Tanggal Expired, Holland Bakery: Itu Produk Fresh
Rabu, 26 Juli 2017 16:25

Tak Cantumkan Tanggal Expired, Holland Bakery: Itu Produk Fresh

Masyarakat mulai mempertanyakan produk-produk roti yang dijual oleh Holland Bakery.

Polda Riau Tetapkan PT Hutahean Sebagai Tersangka
Rabu, 26 Juli 2017 16:13

Polda Riau Tetapkan PT Hutahean Sebagai Tersangka

Polda Riau menetapkan PT Hutahean sebagai tersangka, karena buka lahan sawit secara ilegal. 

Atasi Masalah Listrik, Pemkab Siak Sosialisasikan Lampu Lentera
Rabu, 26 Juli 2017 16:00

Atasi Masalah Listrik, Pemkab Siak Sosialisasikan Lampu Lentera

Pemerintah Kabupaten Siak melakukan Sosialisasi Program Pemasangan Lampu Lentera kepada keluarga kurang mampu yang dilaksanakan di Gedung Tengku Mahratu pada Rabu (26/7/17).

Jalan Protokol Pekanbaru 'Sepi' Tempat Sampah
Rabu, 26 Juli 2017 15:49

Jalan Protokol Pekanbaru 'Sepi' Tempat Sampah

Salah satu tujuan Kota Pekanbaru yang ingin menjadi kota bersih, berbanding terbalik dengan perwujudan Kota Pekanbaru saat ini.

Tidak Cantumkan Masa Kedaluwarsa di Kemasan Roti Tawar, Holland Bakery Kangkangi Aturan
Rabu, 26 Juli 2017 15:35

Tidak Cantumkan Masa Kedaluwarsa di Kemasan Roti Tawar, Holland Bakery Kangkangi Aturan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda Suryani Munir membenarkan bahwa tindakan pihak Holland Bakery yang tidak cantumkan masa kedaluwarsa pada produk roti tawarnya, menyalahi aturan. 

Wabup Rohil Inginkan Penambahan Tunjangan DPRD Tidak Menjadi Polemik
Rabu, 26 Juli 2017 15:30

Wabup Rohil Inginkan Penambahan Tunjangan DPRD Tidak Menjadi Polemik

Terkait dengan adanya Ranperda yang berkaitan langsung dengan adanya penambahan beberapa tunjangan dan fasilitas bagi anggota DRPD,