Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?

Sabtu, 26 November 2016 08:05
 Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?
foto/ilustrasi

"Tidak pernah puas". Begitulah sifat manusia. Dalam Al-Quran, Allah SWT pernah mengatakan. "Jika diberikan segunung emas kepada mereka (manusia), maka mereka akan minta lebih dari itu."

Cerita mistik yang muncul di balik fenomena penglaris dagang sudah menjadi rahasia umum. Namun untuk urusan percaya atau tidak kembalikanlah pada keyakinan masing-masing. Tentu saja kadar keimanan seseorang menjadi jaminan apakah bisa terpengaruh atau tidak.

Namun realita menyatakan itu nyata, meski tidak terlihat secara kasat mata. "Setan tidak akan berhenti menggoda manusia dengan rebagai macam kesenangan hingga manusi mengikutinya". Kalimat itu juga dijelaskan dalam kitab suci Al Quran.

Bicara soal penglaris, sudah pasti erat kaitanya dengan berdagang. Dalam sebuah riwayat, beberapa sumber menyebutkan yang paling terkenal dengan mitos penglaris ini di Gunung Kawi di daerah Jawa Timur.

Bahkan sampai mengikuti ritual-ritual tertentu, dari meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan. Tempat lain yang katanya juga banyak didatangi orang untuk mendapatkan penglaris adalah Gunung Kemukus di Jawa Tengah.

Fenomena penglaris biasanya berkaitan erat dengan dagang makanan. Anomali yang muncul di tengah publik, jika disutu tempat makan disebu konsumen dalam jumlah banyak, atau selalu ramai, maka persepsi tentang hal ini bermunculan.

Namun salahkah hal demikian. Tidak. Ada banyak kasus yang bisa menjelaskan hal ini secara logis. Dalam Al Quran juga dijaskan bahwa manusia dan jin, hidup secara berdampingan. Bahkan tidak sedikit kegiatan manusia yang menggunakan "jasa" jin atau mahluk tak kasat mata.

Pengertian Penglaris Dagangan disini ialah bentuk ikhtiar sebagai seorang Muslim supaya usaha atau dagangan laku dan dapat dibeli oleh para pembeli dan konsumen dengan benar. Dan berdoa, sebagai bentuk penghambaan diri terhadapketidak mampuan manusia dalam melakukan dan mendapatkan sesuatu. Beberapa ulama memang menyarakan kepda orang yang berprofesi sebagai pedagang hendaknya banyak berdoa dan berzikir.

Namun adakah cara lain yang dilakukan agar dagangan laris dengan mudah? Ada. Kehidupan masyarakat Indonesia khususnya, masih sangat dekat dengan dan percaya dengan ramalan-ramalan mistik. Zaman boleh modern, dunia boleh millenium, namun mitos tetaplah abadi dan tetap akan dipercaya sampai kapanpun.

Salah satu faktor penyebabnya yakni pengalaman yang terjadi diluar akan sehat, dan sulit dicerna dari akal fikiran.Namun hal itu benar adanya. Allah bahkan menyuruh umat untuk meyakini tentang hal yang gaib yang tertuah dalam Rukun Iman. Al Quran banyak bercerita tentang jin dan setan. Bersekutu dengan setan adalah perbuatan syirik.

Faktanya, hal ini benar adanya. Faktanya, ada manusia yang besekutu dengan jin dan setan. Faktanya, ada yang memanfaatkan "jasa" makhluk ini untuk mendapatkan keuntungan duniawi semata. dan Faktanya, penglaris itu bukan hanya sekedar mitos, walau sulit untuk dibuktikan dengan logis. Bukan hanya isapan jempol semata.

Dalam satu riwayat menyebutkan bahwa tempat dagang, misalnya saja rumah makan yang menggunakan penglaris dengan jasa jin dan syetan. Energi yang dikeluarkan makhluk seperti ini, adalah energi negatif. Jika termakan oleh orang dengan jiwa spiritual positif yang kuat biasanya akan mental. Dengan berbagai cara, bisa jadi makanan tersebut tidak enak. Atau mual-mual setelah makan. Bahkan muntah saat memakan makanan itu.

Terlepas dari semua itu Islam mengajarkan umatnya untuk selalu suci dalam melakukan apapun. Termasuk berdoa sebelum makan. Tujuannya tidak lain supaya terhindar dari godaan setan. "Allah tidak akan menurunkan segala sesuatu tanpa sebab." Itulan alasan utama mengapa selalu dianjurkan untuk berdoa sebelum makan. Termasuk hal lainnya.

Soal penglaris Makanan, Mitos Atau Fakta? siapa saja boleh berspekuliasi dan mempercayainya atau tidak. Namun kadar keimanan seseorang tentunya sangat menentukan cara sikap dan cara berfikir seseorang. Terlepas dari benar atau salah mengenai mitos penglaris makanan, boleh percaya, boleh tidak.

Penulis: Melba Ferry Fadly

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Dari Cek Kesehatan Pengemudi Hingga Bagi Vitamin di Posko Mudik Payakumbuh
Kamis, 22 Juni 2017 17:30

Dari Cek Kesehatan Pengemudi Hingga Bagi Vitamin di Posko Mudik Payakumbuh

Kapolres Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, AKBP Kuswoto membagi-bagikan Vitamin kepada tim pengamanan mudik lebaran 1438 H di posko pengamanan, Kamis (22/06/2017).

Mudik Bandara: Ini Data Keberangkatan 2 Hari Terakhir
Kamis, 22 Juni 2017 17:20

Mudik Bandara: Ini Data Keberangkatan 2 Hari Terakhir

Posko Mudik di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mencatat, keberangkatan penumpang melejit naik. 

Bank Riau Kepri Dipercaya Garap UMKM Berbunga Rendah di Kabupaten Siak
Kamis, 22 Juni 2017 17:10

Bank Riau Kepri Dipercaya Garap UMKM Berbunga Rendah di Kabupaten Siak

Sejalan dengan komitmennya dalam penyaluran kredit produktif, Bank Riau Kepri melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Siak Sri Inderapura untuk Program Penyaluran Pinjamam Modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berbagai Berkah, Premiere Hotel Berikan Santunan Anak Yatim
Kamis, 22 Juni 2017 16:45

Berbagai Berkah, Premiere Hotel Berikan Santunan Anak Yatim

H-3 Idul Fitri 1438 H, Premiere Hotel Pekanbaru bersama keluarga besar Zuri Hotel Management (ZHM) mengadakan gathering bersama karyawan dan masyarakat sekitar. 

Kisah Pemudik Terminal Pekanbaru: Kangen Kampung, Hingga Ingin Buka Usaha di Jakarta
Kamis, 22 Juni 2017 16:35

Kisah Pemudik Terminal Pekanbaru: Kangen Kampung, Hingga Ingin Buka Usaha di Jakarta

Di hari ketiga menjelang lebaran, peningkatan penumpang mulai terlihat di Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, Kamis (22/6/2017).

Xpress Air Pekanbaru Belum Tambah Rute Baru
Kamis, 22 Juni 2017 16:20

Xpress Air Pekanbaru Belum Tambah Rute Baru

Maskapai Xpress Air dalam waktu dekat belum akan menambah rute baru di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. 

H-2 Lebaran, Harga Daging Sapi Merangkak Naik
Kamis, 22 Juni 2017 16:10

H-2 Lebaran, Harga Daging Sapi Merangkak Naik

2 hari menjelang lebaran, harga daging sapi kembali merangkak naik.

Warna-warni Kue Lebaran Hiasi Pasar Bawah
Kamis, 22 Juni 2017 15:55

Warna-warni Kue Lebaran Hiasi Pasar Bawah

Untuk anda yang mencari kue lebaran atau oleh-oleh buat kerabat, anda tidak perlu keliling Kota Pekanbaru.

H-2 Lebaran, SPBU Dipenuhi Antrean Pemudik
Kamis, 22 Juni 2017 15:45

H-2 Lebaran, SPBU Dipenuhi Antrean Pemudik

H-2 menjelang Idul Fitri, hampir seluruh SPBU dipenuhi antrean oleh kendaraan yang ingin mudik ke kampung halaman masing-masing.

Di Posko Mudik MTQ Gubri Tulis Sesuatu di Buku Absen
Kamis, 22 Juni 2017 15:35

Di Posko Mudik MTQ Gubri Tulis Sesuatu di Buku Absen

Meninjau posko mudik di MTQ Pekanbaru, Andi Rachman tidak berbincang lama dengan petugas.