Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?

Sabtu, 26 November 2016 08:05 758
 Penglaris Merambah Bisnis Makanan, Mitos Ataukah Fakta?
foto/ilustrasi

"Tidak pernah puas". Begitulah sifat manusia. Dalam Al-Quran, Allah SWT pernah mengatakan. "Jika diberikan segunung emas kepada mereka (manusia), maka mereka akan minta lebih dari itu."

Cerita mistik yang muncul di balik fenomena penglaris dagang sudah menjadi rahasia umum. Namun untuk urusan percaya atau tidak kembalikanlah pada keyakinan masing-masing. Tentu saja kadar keimanan seseorang menjadi jaminan apakah bisa terpengaruh atau tidak.

Namun realita menyatakan itu nyata, meski tidak terlihat secara kasat mata. "Setan tidak akan berhenti menggoda manusia dengan rebagai macam kesenangan hingga manusi mengikutinya". Kalimat itu juga dijelaskan dalam kitab suci Al Quran.

Bicara soal penglaris, sudah pasti erat kaitanya dengan berdagang. Dalam sebuah riwayat, beberapa sumber menyebutkan yang paling terkenal dengan mitos penglaris ini di Gunung Kawi di daerah Jawa Timur.

Bahkan sampai mengikuti ritual-ritual tertentu, dari meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan. Tempat lain yang katanya juga banyak didatangi orang untuk mendapatkan penglaris adalah Gunung Kemukus di Jawa Tengah.

Fenomena penglaris biasanya berkaitan erat dengan dagang makanan. Anomali yang muncul di tengah publik, jika disutu tempat makan disebu konsumen dalam jumlah banyak, atau selalu ramai, maka persepsi tentang hal ini bermunculan.

Namun salahkah hal demikian. Tidak. Ada banyak kasus yang bisa menjelaskan hal ini secara logis. Dalam Al Quran juga dijaskan bahwa manusia dan jin, hidup secara berdampingan. Bahkan tidak sedikit kegiatan manusia yang menggunakan "jasa" jin atau mahluk tak kasat mata.

Pengertian Penglaris Dagangan disini ialah bentuk ikhtiar sebagai seorang Muslim supaya usaha atau dagangan laku dan dapat dibeli oleh para pembeli dan konsumen dengan benar. Dan berdoa, sebagai bentuk penghambaan diri terhadapketidak mampuan manusia dalam melakukan dan mendapatkan sesuatu. Beberapa ulama memang menyarakan kepda orang yang berprofesi sebagai pedagang hendaknya banyak berdoa dan berzikir.

Namun adakah cara lain yang dilakukan agar dagangan laris dengan mudah? Ada. Kehidupan masyarakat Indonesia khususnya, masih sangat dekat dengan dan percaya dengan ramalan-ramalan mistik. Zaman boleh modern, dunia boleh millenium, namun mitos tetaplah abadi dan tetap akan dipercaya sampai kapanpun.

Salah satu faktor penyebabnya yakni pengalaman yang terjadi diluar akan sehat, dan sulit dicerna dari akal fikiran.Namun hal itu benar adanya. Allah bahkan menyuruh umat untuk meyakini tentang hal yang gaib yang tertuah dalam Rukun Iman. Al Quran banyak bercerita tentang jin dan setan. Bersekutu dengan setan adalah perbuatan syirik.

Faktanya, hal ini benar adanya. Faktanya, ada manusia yang besekutu dengan jin dan setan. Faktanya, ada yang memanfaatkan "jasa" makhluk ini untuk mendapatkan keuntungan duniawi semata. dan Faktanya, penglaris itu bukan hanya sekedar mitos, walau sulit untuk dibuktikan dengan logis. Bukan hanya isapan jempol semata.

Dalam satu riwayat menyebutkan bahwa tempat dagang, misalnya saja rumah makan yang menggunakan penglaris dengan jasa jin dan syetan. Energi yang dikeluarkan makhluk seperti ini, adalah energi negatif. Jika termakan oleh orang dengan jiwa spiritual positif yang kuat biasanya akan mental. Dengan berbagai cara, bisa jadi makanan tersebut tidak enak. Atau mual-mual setelah makan. Bahkan muntah saat memakan makanan itu.

Terlepas dari semua itu Islam mengajarkan umatnya untuk selalu suci dalam melakukan apapun. Termasuk berdoa sebelum makan. Tujuannya tidak lain supaya terhindar dari godaan setan. "Allah tidak akan menurunkan segala sesuatu tanpa sebab." Itulan alasan utama mengapa selalu dianjurkan untuk berdoa sebelum makan. Termasuk hal lainnya.

Soal penglaris Makanan, Mitos Atau Fakta? siapa saja boleh berspekuliasi dan mempercayainya atau tidak. Namun kadar keimanan seseorang tentunya sangat menentukan cara sikap dan cara berfikir seseorang. Terlepas dari benar atau salah mengenai mitos penglaris makanan, boleh percaya, boleh tidak.

Penulis: Melba Ferry Fadly

 

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Wow, di Siak Gula Merah Bisa Dibuat Dari Sawit
Minggu, 19 Pebruari 2017 17:00

Wow, di Siak Gula Merah Bisa Dibuat Dari Sawit

gula merah beerasal dari sawit ternyata sudah dilakukan Warga Kampung Seminai Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau

Jangan Bingung Cari Kue Malam-Malam, Furaya Hotel Cake Buka 24 Jam
Minggu, 19 Pebruari 2017 16:35

Jangan Bingung Cari Kue Malam-Malam, Furaya Hotel Cake Buka 24 Jam

So tunggu apalagi,  segera dapatkan kue lezat dan enggak bikin kantong bolong.  Langsung datang saja ke Furaya Hotel Pekanbaru Jalan Sudirman nomor 72-74, Pekanbaru.

Jangan Ragu, Ternyata Ini Lima Manfaat Berdonor Darah
Minggu, 19 Pebruari 2017 16:05

Jangan Ragu, Ternyata Ini Lima Manfaat Berdonor Darah

Setelah 48 jam melakukan donor darah, tubuh akan secara berkala memperbaharui sel-sel darah baru

Lowongan Kerja Admin Bogar Delivery Pekanbaru
Minggu, 19 Pebruari 2017 15:15

Lowongan Kerja Admin Bogar Delivery Pekanbaru

Informasi tentang lowongan pekerjaan terbaru lainnya di Pekanbaru, Riau bisa anda dapatkan  di bertuahpos.com

 Bibit Jambu Madu Pekanbaru Diminati Bengkulu Hingga Jakarta
Minggu, 19 Pebruari 2017 15:05

Bibit Jambu Madu Pekanbaru Diminati Bengkulu Hingga Jakarta

Prospek bisnis jambu madu hijau (MDH) hingga bibitnya ternyata masih terbuka lebar di tahun 2017

Hari Hijab Internasional dan Tolak Valentine, DDV Riau Tebar Jilbab
Minggu, 19 Pebruari 2017 14:30

Hari Hijab Internasional dan Tolak Valentine, DDV Riau Tebar Jilbab

Saat ini jilbab sudah menjadi trend bagi dunia fashion, hal ini juga berpengaruh positif terhadap muslimah yang berniat menggunakan jilbab

Harga Buah Segar Sawit di Riau Diperkirakan Turun
Minggu, 19 Pebruari 2017 14:05

Harga Buah Segar Sawit di Riau Diperkirakan Turun

Sejak akhir Januari CPO juga terbebani oleh proyeksi kenaikan produksi Indonesia di tahun 2017

Riau Godok Mekanisme Sektor Perikanan Laut
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:50

Riau Godok Mekanisme Sektor Perikanan Laut

Perlu ada mekanisme khusus untuk membantu pelaku usaha perikanan laut untuk tambahan modal usaha

Membajak Sawah Pakai Kerbau Tetap Lestari di Era Modern
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:35

Membajak Sawah Pakai Kerbau Tetap Lestari di Era Modern

Khusus Kerbau jantan akan dilatih untuk membajak disawah. Setiap Kerbau yang sudah patuh dan terbiasa membajak, bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya.

Bersenjata Balok Kayu, Polisi Kejar Rampok di Batang Tuaka Inhil
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:20

Bersenjata Balok Kayu, Polisi Kejar Rampok di Batang Tuaka Inhil

Saat korban terkapar, pelaku lainnya mengambil uang korban sebanyak Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah) dan HP merek Asia Fone dari saku celana korban.