Tepian Bandar Sungai Jantan, Bukti Pemkab Siak Kembangkan Sektor Pariwisata

Jumat, 07 Juli 2017 12:46
Tepian Bandar Sungai Jantan, Bukti Pemkab Siak Kembangkan Sektor Pariwisata

BERTUAHPOS.COM(BPC), SIAK- Pemerintah Kabupaten Siak saat ini terus menggalakkan sektor pariwisata, yang diharapkan mampu menambah PAD untuk Kabupaten Siak.

Secara statistik jumlah pengunjung wisatawan lokal, wisatawan luar daerah hingga wisatawan mancanegara setiap tahunnya terus mengalami kenaikan.

Hal ini disampaikan oleh Hendrisan sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.

"Setiap tahunnya pengunjung yang datang ke Siak mengalami kenaikan secara signifikan baik dari wisatawan lokal hingga internasional. Kami akan terus mengembangkan sektor pariwisata lainnya" ujarnya.

Pemerintah kabupaten Siak juga terus memberikan fasilitas dan terus membangun infrastruktur sebagai penarik minat wisatawan. Salah satunya adalah Tepian Bandar Sungai Jantan Siak yang berada tepat di tepi Sungai Jantan Siak Sri Indrapura.

Tepian bandar sungai jantan yang rampung pengerjaannya pada akhir tahun 2016 lalu, saat ini menjadi tempat wisata baru andalan Kabupaten Siak karena memiliki panjang hingga 885 meter mulai dari Klenteng Cina hingga Masjid Syahbuddin.

Sesuatu yang menarik dari Tepian Bandar Sungai Jantan Siak adalah adanya Gazebo unik dengan kubah berwarna putih yang hingga kini dijadikan tempat berfoto baik foto selfie maupun grupie keluarga dan sahabat.

Sedangkan di lapangan di depan panggung Siak Bermadah terdapat tulisan Siak Sri Indrapura berwana putih dan bila malam suasana menjadi terasa hangat karena lampu dari tulisan tersebut.

Lokasi ini paling diburu wisatawan lokal untuk  mengambil latar dalam sebuah sesi pemotretan. Di seberang sungainya juga memancar cahaya dari lampu Jembatan Kupu-kupu, yang menyempurnakan kelap- kelip cahaya di kota bekas kerajaan Siak itu.

Kepala dinas Pekerjaan umum dan tarukim, Irving Kahar, mengatakan pendestrian baru di Siak Sri Indrapura itu semakin komplit dengan kawasan Istana, air mancur bergoyang, Masjid Syahbuddin, serta lapangan dan panggung Siak Bermadah. Satu yang paling baru di lapangan ini adalah tugu dengan lambang kerajaan. Tugu tersebut merupakan gambaran sejarah penyerahan kedaulatan kerajaan Siak oleh Sultan Syarif Kasim II kepada presiden RI Ir. Soekarno tahun 1946 silam.

"Di puncak itu lambang kerajaan Siak, yang terbuat dari perunggu. Di lingkaran bagian bawah ada relief yang menceritakan perjuangan Sultan Syarif Kasim II sejak kecil hingga menempuh perjuangan dan ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan RI" ujar Irving.

Tugu yang tampak ciamik dengan Istana Matahari Timur itu dibuat oleh perupa Himawan Dwi Prasetyo, lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Hery Maizul, lulusan Seni Patung ISI Yogyakarta dan Dwi Kustianingrum, arsitektur lulusan ITB Bandung.

Tugu ini dibuat dengan dimensi patung 3,5 x 4 meter berbahan perunggu.(galeri)

 

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil
Sabtu, 20 Januari 2018 22:00

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pemutakhiran data pemilih. Mengawali tahapan tersebut, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menyambangi Bupati Inhil, HM Wardan, Sabtu (20/1/2018) pagi.

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 21:26

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru

Bagi Anda fans klub Manchester United (MU) khususnya yang berada di Kota Pekanbaru sekitarnya, ramaikan nonton bareng (nobar) pertandingan MU berhadapan dengan Burnley malam ini, Sabtu (20/12/2018).

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar
Sabtu, 20 Januari 2018 21:00

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer, enggan mengomentari pernyataan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau yang mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Sensasi Dengan Beragam Toping,  Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 20:30

Sensasi Dengan Beragam Toping, Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru

Menikmati degan alias  kelapa segar bersama keluarga dan sahabat? Anda hanya merogoh kocek Rp25.000. 

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS
Sabtu, 20 Januari 2018 20:00

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS

Baru ini masih hangat diperbincangkan tentang dibalik keunggulan kemiliteran negara Amerika Serikat, bahwa pada hari Jumat (19/1/2018) kemarin pentagon membuat sebuah strategi pertahanan baru yang mereka  dikeluarkan.

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri
Sabtu, 20 Januari 2018 19:30

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri

Setelah sebelumnya menjadi pionir penerapan SIMDA di kawasan Propinsi Kepulauan Riau, kali ini Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri tentang pelaksanaan transaksi non tunai, Jumat (19/1/18).

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia
Sabtu, 20 Januari 2018 19:15

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia

Lima partai politik telah setuju LGBT berkembang di Indonesia. Bahkan, Undang-undang tentang LGBT juga tengah dibahas di DPR RI.

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini
Sabtu, 20 Januari 2018 19:02

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini

Gunung Sinabung kembali erupsi hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja
Sabtu, 20 Januari 2018 12:54

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Idola Celluler Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja.

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik
Sabtu, 20 Januari 2018 12:30

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik

Harga beras akhir pekan ini di Pekanbaru perlahan naik. Selain harga beras, harga gula khususnya gula merah juga mengalami kenaikan harga.