Pemerintah Tunggu kepastian Haji 2021 dari Arab Saudi

Senin, 10 Mei 2021 11:20
Pemerintah Tunggu kepastian Haji 2021 dari Arab Saudi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan pihaknya masih menunggu kepastian dari Arab Saudi soal kepastian pelaksanaan haji 2021.

“Kita menunggu saja. Semua negara masih menunggu pengumuman selanjutnya,” kata Endang, dilansir dari CNN Indonesia, Senin 10 Mei 2021.

Advertisement

Menurut Endang, memang belum ada kepastian dari Arab Saudi untuk melaksanakan haji 2021 dengan persyaratan khusus. Namun, dalam pernyataannya, pihak Arab Saudi baru berkeinginan melaksanakan haji 2021.

“Dalam pengumuman tersebut belum menyebutkan teknis, baru ‘keinginan kuat’, makanya bahasanya menggunakan ‘azam,” kata dia.

Baca: Siang Ini, Nam Air Perdana Terbangi SSK II Pekanbaru

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk melaksanakan haji tahun 2021. Namun, pelaksanaan haji tahun ini memiliki persyaratan khusus berjaga-jaga dari covid-19.

BACA JUGA:  Menag Yaqut: Pemerintah Fokus Persiapan Haji Tahun Depan

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah mengumumkan bahwa Saudi akan membuka ibadah haji dengan persyaratan khusus. Semua ketentuan dan persyaratan haji tahun 2021 ini akan disampaikan belakangan.

Pada tahun 2020 lalu, Arab Saudi membuka haji dengan jumlah yang kecil. Saat itu, hanya jemaah warga Arab Saudi, atau jemaah asing yang tinggal di sana yang diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji. (bpc4)