Satgas Rafi dan Hiswana Migas Riau Jamin Ketersediaan BBM dan Elpiji di Riau Aman di Idul Fitri

Senin, 10 Mei 2021 11:27
Satgas Rafi dan Hiswana Migas Riau Jamin Ketersediaan BBM dan Elpiji di Riau Aman di Idul Fitri
BPH Migas, Hiswana Migas, Pemprov Riau dan Pertamina dalam Rakor ketersediaan stok BBM dan Gas LPG di Riau. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Satgas Ramadhan dan Idul Fitri [Rafi] dari BPH Migas, memastikan ketersediaan BBM dan gas LPG di Riau aman untuk kebutuhan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Lobo Balia saat melakukan tinjauan di Terminal BBM Sei Siak, Jalan Sungai Duku, Pekanbaru, Senin, 10 Mei 2021.

Advertisement

“Kami harus memastikan ketersedian kedua komoditi itu [BBM dan LPG] selalu tersedia untuk masyarakat, kapan pun dan dalam situasi apa pun. Terutama dalam acara ritual dan hari besar keagamaan,” ungkapnya.

“Satgas ini memastikan tak ada orang ‘tercekik’ karena BBM dan LPG langka. Alhamdulillah, teman-temen Pertamina bisa atur dengan baik, ya. Ketahanan stok kita sampai 6 hari kedepan masih aman lah,” sambungnya.

Baca: Dengan Suara Serak-serah Basah, Ini Kata Gubernur Syamsuar Soal Pendistribusian Vaksi ke Daerah

BACA JUGA:  Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor Ditetapkan, Ini Komentar Apindo Riau

Ketua Hiswana Migas Riau Tuah Laksamana Negara dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa pelaku usaha SPBU di Riau lebih siap dalam menghadapi permintaan masyarakat terkait kebutuhan BBM dan LPG.

“Kami sudah mendapat kepastian dari pihak Terminal BBM Sei Siak, kalau memang ketersediaan stok para pengusaha tidak perlu khawatir, masih aman,” katanya.

Dia menambahkan, untuk tahun ini, jalur distribusi BBM dan Gas LPG lebih dipermudah dengan adanya Tol Permai. Sehingga tidak ada kendala yang berarti dalam hal pendistribusian komoditi itu ke SPBU.

Menurutnya, pada tahun ini jumlah permintaan masyarakat terhadap BBM cenderung mengalami penurunan karena adanya penyekatan dan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah.

“Tapi dari pihak Pertamina telah menjamin kepada kita akan ada penambahan stok untuk persiapan Lebaran Idul Fitri nanti. Dengan demikian kami juga bisa memastikan bahwa ketersediaan BBM dan LPG untuk Idul Fitri, insya Allah aman,” tuturnya.

Selain itu, dia menambahkan, Hiswana Migas di Riau juga mempunyai Satgas yang bertugas untuk memantau dan mengontrol ketersediaan BBM dan LPG di setiap SPBU. 

Sejauh ini kebutuhan terhadap BBM memang terpantau turun, sedangkan kebutuhan untuk LPG terpantau naik. Namun ketersediaan stok kedua komoditi itu masih aman untuk di Riau.

Sales Manager Pertamina Aditya Andra Wina menjelaskan, untuk kebutuhan LPG selama Ramadhan rata-rata per hari sekitar 500 ton. Namun akan ada penambahan 3-5% untuk per 15 hari sekitar 400 ribu tabung [LPG 3 Kg] menutupi kebutuhan lebaran. (bpc2)