Hidup Sukses Dengan Doa “Berdoa lah sesuai al-Qur’an dan Sunnah”

Sabtu, 08 Juni 2013 13:04
Hidup Sukses Dengan Doa “Berdoa lah sesuai al-Qur’an dan Sunnah”

 

BERTUAHPOS.COM-Doa berarti memohon, mengharap, meminta, memanggil, menyeru, memuji mengabdi, menyembah atau beribadah. Dalam al-qur’an menggunakan kata doa bermacam-macam terdapat 203 ayat, sedang kan menurut istilah doa ialah memohon sesuatu dari Allah swt.

Advertisement

Berdoa ke pada Allah berarti meminta dari-Nya kebaikan dan mengharapkan kebaikan tersebut datang dan hadir pada kita. Kata-kata ‘do’’ banyak sekali terdapat didalam Al-Qur’an dan masing-masing mempunyai makna tertentu.

Pertama : Dengan makna Ibadat, seperti dalam firman Allah

Baca: Baru Dirilis, ‘Spider-Man: Homecoming’ Raih Pendapatan Rp 1,5 triliun

“Dan janganlah kamu berdoa kepada selain Allah, yaitu kepada sesuatu yang tidak dapat mendatangkan manfaat kepada engkau dan tidak kuasa pula mendatangkan mudharat kepada engkau”( QS. Yunus : 106)

Yang dimaksudkan dengan “Berdoa” dalam ayat ini ialah beribadat (mengadakan penyembahan) yakni janganlah kamu beribadah (menyembah) selain daripada Allah yaitu sesuatu yang tidak kuasa memberikan manfaat kepadamu dan tidak kuasa pula mendatangkan mudharat kepadamu.

Perintah selalu untuk berdoa

Doa adalah memminta kepada allah untuk segala sesuatu, sampai-sampai allah swt memerintahkan kita untuk memohon dan meminta kepadaNya, sebagai mana dengan firmannya

 

“.Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.( QS.Al-Mukmin: 60)

 

Pembaca sekalian, doa bagi seorang muslim merupakan suatu hal yang sangat penting. Sebuah hadits yang diriwayatkan dari An-Nu’man bin Basyir menyebutkan, bahwa “Doa adalah ibadah” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan lainnya). Di hadits lainnya, dari Abu Hurairah disebutkan, bahwa “Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah T’ala selain doa”. (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad) .

Dari dua kutipan hadits di atas, maka dapat dipetik suatu hikmah, bahwa doa dalam spektrum kehidupan seorang muslim setidaknya mengandung dua signifikansi: Pertama, sebagai ekspresi ibadah untuk menjaring pahala dari sisi Allah. Semakin banyak seorang muslim berdoa, semakin banyak ia mendapatkan pahala di sisi-Nya.

Kedua, sebagai bentuk permohonan kepada Allah, agar Allah mengintervensi segala aktivitas di kehidupannya. Ada banyak kemelut kehidupan, ujian, tantangan, serta problematika hidup, yang semuanya membutuhkan bimbingan dan campur tangan-Nya. Manusia hanya berikhtiar, menjalani proses menuju yang dicita-citakan, namun hasil akhir dari ending babak akhir ikhtiar perjuangan itu, adalah mutlak kewenangan-Nya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah, selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan memberi kepadanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan doanya; [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak; dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”

Mendengar sabda Rasulullah SAW di atas, para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa.”

Nabi SAW lantas berkata, “Allah nanti akan memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad).

Berkaitan dengan itu, buku karya Sarwan Kelana As-Samsi ini kiranya bisa dijadikan sebagai panduan bagi seorang muslim dalam mengaktualisasikan doa di dalam kehidupannya. Di dalam buku ini diuraikan banyak doa-doa yang diambil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, yang di antaranya bisa dijadikan sebagai bekal dalam menghadapi berbagai ujian dan kemelut kehidupan.

Dalam buku ini menjelaskan berbagai hal terkait Doa. Mulai dari apa itu doa, tata cara berdoa hingga doa-doa mustajab dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam buku ini membentangkan berbagai doa yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki buku ini, kita akan memiliki banyak referensi doa-doa mustajab tersebut. Jadi sangat rugi kalau kita tidak mengoleksi buku yang sangat bermanfaat dalam kehidupan dunia hingga akhirat. Salut buat penulis yang sudah meluangkan waktunya untuk menyusun buku yang sangat bermanfaat ini

 

Buku ini secara spesifik mengajak pembaca untuk betul-beetul meminta, mengerti dan yakin akan doanya dikabulkan. Dengan demikian buku ini sangat praktis untuk panduan berdoa. Segeralah bawa buku ini ke kasir, agar anda betul-betul dibimbing untuk berdoa, silakan berbicara dan mintalah dengan sang khalik pahami apa yang kita pinta dan yakinlah doa kita akan di kabulkan-Nya

 

Ibnu Harun

Mahasiswa UIN Suska Riau,dan Penikmat Media

 

AGAR SETIAP URUSAN MENJADI MUDAH

Penulis             : Sarwan Kelana As-Samsi

Penerbit           : Real Books, Yogyakarta

Cetakan           : Pertama, April 2013,

Tebal               : 128 hlm