Syamsuar Klarifikasi Soal Lonjakan Kasus Covid-19 di Riau: Karena Perubahan Sistem Aplikasi

Minggu, 22 November 2020 10:00
Syamsuar Klarifikasi Soal Lonjakan Kasus Covid-19 di Riau: Karena Perubahan Sistem Aplikasi
ilustrasi. (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengatakan data lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau karena adanya perubahan atau penyesuaian sistem aplikasi.

Data Kamis, 19 November 2020 yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 nasional, Riau tercatat sebagai urutan kedua dalam kasus terkonfirmasi positif Corona secara nasional dengan jumlah 688 orang terkonfirmasi.

Advertisement

“Jadi data penambahan kasus positif tersebut diluar perkiraan dan sebenarnya adalah komulatif dari kasus positif Covid-19 yang belum dilaporkan ke pusat,” kata Syamsuar.

“Perlu saya jelaskan beberapa minggu ini ada perubahan aplikasi atau sistem, dengan adanya perubahan tersebut ada data yang terlambat masuk dan kemungkinan hanya sebagian terlaporkan sehingga keteteran,” sebutnya.

Baca: Pusat Salah Sebutkan Data Pasien Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kadiskes Riau

Angka positif sebanyak 688 tersebut berasal dari penambahan dari warga binaan yang sebelumnya tidak dilaporkan oleh binaan lapas sebanyak 492 orang.

“Sebenarnya ini sudah sembuh, tetapi karena memperbaiki laporan, harus sesuai dengan aplikasi jadi terpaksa data ini kita masukan lagi, sebenarnya angka positif hari ini hanya 196 orang,” terangnya.

Dengan penyesuaian data pada sistem atau aplikasi tersebut maka angka kesembuhan di Riau juga semakin tinggi yaitu dengan jumlah 1.002 orang, hal ini juga disebabkan adanya perbaikan laporan sehingga angka kesembuhan sangat meningkat. (bpc2)